Category: Macromedia Director


Beberapa waktu yang lalu aku mendapat pertanyaan dari seorang teman seperti inipertannyaannya aku copas :

Anonim mengatakan…
sy mau tnya, knapa waktu saya coba buka file eksternal,contoh scriptnya yg saya gunakan : open “video/ball.avi” with “C:\\Program Files\K-lite Codec Pack 5\Media Player Classic\wmpc.exe, waktu sy klik tmbol yg sy buat,yang muncul cuma wmp classic nya aja trus ada tulisan file not found, pdhl file video itu udah bener aku taruh di folder video. mohon bantuannya apa ada yang salah dari script saya….

Nah aku bilang sama dia aku akan coba bantu cari solusinnya , tadi pagi sebenarnya sudah aku tulis di buku catetanku tapi lupa aku bawa ke kantor, jadi InsyaAlloh besok ya teman teman aku tulis script nya.

Beberapa script berikut merupakan hasil pencarian dari berbagai sstudi kasus:

kasus 1, jika ingin membuka dengan explorer :

on mouseup me
open””with”explorer”
sound[1].playfile[_movie.path&”mp3\slow.mp3″]

kasus 2
on mouseup me
open”bonus”with”explorer”
sound[1].playfile[_movie.path&”mp3\slow.mp3″]

kasus 3
on mouseup me
open” myprofile.avi” with “c:\program file\windows media player\wmplayer.exe”

Kalau kasus kamu :
open “video/ball.avi” with “C:\\Program Files\K-lite Codec Pack 5\Media Player Classic\wmpc.exe
coba gunakan
open”ball.avi” with  “C:\\Program Files\K-lite Codec Pack 5\Media Player Classic\wmpc.exe”

tapi folder video nya kamu hapus dan taruh file ball.avi kedalam folder yang sama dengan project Director kamu

Semoga membantu

Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.
<a href=”http://www.bidvertiser.com”>affiliate program</a>

Iklan

Mungkin masih ada yang binggung dan tidak tahu bagai mana cara membuka file .pdf dengan director berikut ini adalah cara yang kau dapat setelah lama bergentayangan di dunia maya, ternyata tidak begitu sulit untuk membuka file . pdf dengan director , caranya seperti ini :

Hanya cukup menggunnkan listing / script berikut :

on mouseUp me
 
gotoNetPage”custom-domain_blogspot.pdf”
 
end

nama file .pdf nya adalah custom-domain_blogspot.pdf  kamu tinggal ganti namaya dengan file .pdf mu sendiri
sebagai catatan nanti .pdf nya akan terbuka dari browser secara otomatis, yang perlu diperhatikan adalah file .pdf harus 1 folder dengan file .exe nya atau project .dir yang kamu buat. segitu aja teman teman gampang kan.

Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.

 ulisan ini adalah tulisan mengenai projek cd interaktif yang pernah aku buat, hanya ingin membagi- bagi ilmu pada kalian semua, mengenai beberapa hal dan script yang aku ketahui tentang babagai mana cara menghubungkan dan membuka file .exe dengan director. ternyata caranya sangat gampang hanya dengan script seperti ini :

on mouseup me
open “gambar.exe” with “explorer”
end

gambar.exe merupakan nama file exe nya, hiii gampang kan tinggal ganti nama file ini dengan nama file yang ingin kamu buka , dengan syarat file harus 1 folder dengan project director nya

bahkan hal semacam ini banyak sekali di cari oleh orang luar negeri lho….. untuk tahu car amembuka file .exe dari director hiiiii……… nah oleh karena itu bagi yang tidak bisa bahasa Indonesia just read this :

Hay… on this post i would like to write how to open .exe files with macromedia director  / adobe director, it’s just simple way to do that . Yo juts need this script :

on mouseup me
open “gambar.exe” with “explorer”
end

gambar.exe is the name of files that I want to open, so you just change that files with yours. It’s simple easy right ? heee…. and you have to remember  .exe files that u want to open must in one folder ( same folder )  with  director project

  
Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.

 Berikut adalah daftar FAQ seputar macromedia director yang dibahas di web hendihen.com


20 Tutorial + CD
   
III. FAQ Macromedia Director

1. Membuat file Projector di Director MX2004 gimana ya?
Jawab: menu : File –> Publish Setting ,Pastikan checklist Projector aktif. Lalu klik tombol Publish.

2. Gimana caranya menghilangkan titlebar saat dibuat projector?
Jawab: Kalau pake macromedia Director MX 2004, aktifkan Stage/movie, di Property Inspector ->Display template : Titlebar option matikan ceklis Visible.

3. Tombol saya buat dengan tools, setelah diberi script “go frame 31” koq ga jalan?
Jawab:Director MX2004 mempunyai panel tools telah menggantikan tools yang ada di versi sebelumnya. Termasuk tool tombol, kini bentuknya berupa flash button. Untuk mengembalikan ke tools versi “classic”, ganti kata default dengan classic di bawah tools, maka tombol yang anda inginkan bisa tampil dan digunakan seperti di buku.- Jika masih tetap lebih suka dengan tombol flash, akan ada masalah di Script sehingga perintah “go frame XX” tidak berfungsi. Untuk membuat tombol dapat bekerja dengan script, di property inspector –> Flash component, aktifkan EventPassMode menjadi #passAlways.Sekarang script dapat anda terapkan di tombol flash.

4. Apa bedanya Macromedia Director dan Flash?
Jawab: Fungsinya memang hampir sama yaitu untuk multimedia interaktif, bedanya Flash cocok untuk buat web/online, tombol, ilustrasi kartun karena basisnya vector. Director cocok untuk presentasi dengan media CD, file2 multimedia ukuran besar (DVD, MPG, MP3), gambar2 dari photoshop, karena basisnya bitmap.

5. Gimana agar file video bisa tersimpan di belakang file jpeg?
Jawab: Gunakan Video format AVI dengan codec cinepak agar bisa lancar di semua komputer. Di property inspector matikan checklist DTS (Direct to Stage)

6. Gimana Script tombol supaya bisa buka explorer folder tertentu relatif terhadap projector?
Jawab:
on mouseup me
open “image” with “explorer”
end
artinya: script akan membuka folder image dengan explorer. Sayangnya untuk membuka folder lebih dalam lagi (misal folder image/photo) tidak berhasil 7. Gimana Script tombol untuk membuka file *.pdf?
Jawab: Anda bisa menggunakan Acrobat Reader atau Foxit Reader. Buat Script tombol sbb:
Jika anda menggunaka Foxit Reader:
on mouseup me
open “@/data/readme.pdf” with “foxit.exe”
end
Keterangan: script akan membuka file readme.pdf di folder data dengan foxit PDF reader. Foxit PDF lebih mudah dan cepat daripada Acrobat Reader terbaru. Catatan: Lokasi file Foxit.exe sama dengan Projector.exe
Jika anda menggunaka Acrobat Reader:
on mouseup me
open “@/data/readme.pdf” with “acrord32.exe”
end
Keterangan: Anda harus mengcopykan pula file pendukung (*.dll) ke CD di folder yang sama dengan Projector.exe agar Acrobat bisa dijalankan di komputer yang tidak terinstall Acrobat. Lebih baik gunakan acrobat versi 4 agar loading *.pdf lebih cepat dari pada Foxit Reader.

8. Gimana cara membuat perintah nge-print pada tombol?
Jawab: di tombol print tsb beri script:
on mouseUp me
printFrom label 30, 100
end.
artinya: print tampilan di frame 30 sebesar 100% (normal)

9. Gimana supaya objek W3D bisa background transparan?
Jawab: klik objek 3d, di property inspector, nonaktifkan DTS (direct to stage),  lalu ganti ink dari Copy ke Background Transparent

10.Gimana supaya jika Virtual Reality dengan objek W3D tidak tembus Tembok?
Jawab: Hal tsb akan dijelaskan di buku ‘the magic of macromedia director’ edisi revisi bab 25. Untuk memperlihatkan fungsi collision detection silakan pelajari file vr2.dir.

11. Gimana caranya projector agar benar-benar Fullscreen?
Jawab:
– Copy file dmchangres.x32 ke folder:
   C:\Program Files\Macromedia\Director MX 2004\Configuration\Xtras
– buat frame script di awal movie (frame 1)sbb:
   on exit frame
    changeRes([640,480])
   end
– Aktifkan Stage/movie, di Property Inspector -> Display Template :
   Location (0,0),
   matikan ceklis Center
   matikan ceklis Visible pada option Titlebar
– Save Pekerjaan anda, Menu File -> Save misal di folder My Documents
– Pilih menu File -> Publish Setting : klik tab Projector,
  matikan ceklis Center Stage in Monitor ,
  Aktifkan ceklis Fullscreen,
– Jika klik tombol Publish maka akan ada pesan ‘Script error, continue?’ oleh karena itu anda harus membuat folder baru dengan nama XTRAS di My Documents. lalu copy file dmchangres.x32 di folder XTRAS tsb.
– Coba jalankan kembali file EXE anda. – beres!
Untuk mencoba silakan download dan pelajari file fullscreen.zip yang berisi file yang dibuat di DirectorMX 2004 tentang fullscreen.

12. Bagaimana menentukan harga sebuah cd interaktif,?
Jawab:Untuk mentukan harga karya seni, ada 3 pendekatan yang biasa saya lakukan:
pertama: menentukan harga sesuai content , kerumitan dan sumber daya yang dipaka
kedua : menentukan harga sesuai budget klien, kualitas menyesuaikan
ketiga : menentukan harga sesuai harga pesaing di pasaran
Anda dapat bebas menentukan sebuah karya seni, selama klien merasa puas. Saya menghindari pendekatan ke 3, karena karya seni mempunyai nilai yang abstrak seperti portofolio / pengalaman, nama besar dll. Dengan meningkatnya kualitas dan pengalaman kita akan tinggi pula daya saing dan daya jual karya kita. Contoh kasus CD-Interaktif, SDM yang terlibat antara lain:- Programmer Director / Flash, Narator / pembaca naskah, Animator untuk opening ,Desainer Grafis yang mengusai photoshop, coreldraw dll, – Sumber data / orang yang mengambil data image, video dan teks masing – masing mempunyai harga yang harus dipenuhi dan disepakati

13. Bagaimana cara register Directmedia Xtras?
Jawab:. Copy file directmediaxtras.x32 di CD folder xtras ke folder project anda, karena file tsb sudah di crack. Lalu klik register isi dengan nama sembarang. Restart Directornya

Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.

Wah… panjang amat sih judul nya…, habisnya binggung mau nulis gimana. Nah tutorial ini membahas cara untuk membuat tombol next / back dari frame terakhir dimana kita berasal, misalnya gini aku ada frame A,B,C,D,E nah sekarang aku ada di frame C, sebelumnya aku berada di frame A, dan sebelumnya lagi aku berada di frame D. Oke… nah script yang biasanya dipake jika kita ingin menuju ke frame A ( misalnya Frame A di Angka 100), maka kita tulis go 100, Tapi disini kita punya kasus untuk membut tombol  yang bisa membuat kita menuju ke frame terkahir dimana kita berasal. Listing nya adalah sebagai berikut :

Untuk Next :

on mouseUp me

play”name”

end

Untuk Back:

on mouseUp me

play done

end

Nah cuma gitu aja listing ini aku dapat sewaktu lagi googling, ternyat asederhana caranya, padahal sampai mumet nyari nyari cara untuk menyelesaikan kasus di atas, dan jangan lupa “name” name nya diganti nama sesuai dengan yang kamu buat.

Macromedia director mendukung berbagai jenis file Video dan Audio, untuk yang FLV silahkan baca di Postinagn Khusus FLV di Macromedia Director, Untuk file video dan audio cara import ( memsakukan file ) ke dalam director relative sama, langkah langkah nya seperti berikut ini :

1. Buka dulu aplikasi macromedia director nya

2. Klik File — > Import, pilih file yang ingin di impot —> Klik Import
( catatan : di bawah jendela import file, terdapat tulisan media, nah media ini merupakan suatu pilihan, bagaimana kita akan melakukan pilihan import, Jika memilih : Standart import file akan di import dg mode standar, kelebihannya file audio, video, image dapat dimasukkan dalam director secara penuh, kita tidak perlu menyertakan file file aslinya jika kelak projek director kita diputar di komputer lain –> kekurangannya projek kita akan menjadi besar file nya
pilihan ke 2 adalah media : link to exsternal file pada mode ini kita diharuskan utnuk menyertakaan file file yg pernah kita import jika suatu saat projek kita akan di putar di komputer lain, kelebihannya file projek kita akan lebih kecil )

3. Setelah tombol import di klik, maka file akan masuk ke Cast Internal

4. Lalu drag file tersebut ke Score, atau juga bisa di drag ke stage, tapi lebih baik di drag ke Score aja karena ukuran dan letaknya bisa lebih pas / presisi

Lihat gambar berikut :


5. Selesai… Silahkan mencoba semoga berhasil.

File dengan ekstensi .flv biasanya digunakan untuk format video youtube file video ini juga dapat di import di macromedia director dengan cara mengkonversinya terlebih dahulu menjadi video dengan format .avi, .mpeg, .mov dll dengan cara seperti ini flv bisa di import dan di play di Macromedia director, jika hanya menggunakan file flv sendiri sepertinya belum bisa, sebagai catatan jika kita menggunakan format . mov ( artinya kita menggunakan format quick times ) jadi jika file projector ini dijalankan di komputer lain yang belum terinstall qiuct time video nya tidak akan keluar, jika di convert ke .avi permasalahan yang terjadi adalah file nya menjadi terlalu besar, jadi yang paling aman adalah menggunakan format .mpeg. Untuk mengconvert file dengan ekstensi .flv harus menggunakan program lain misal nya : Opell FLV Converter tapi software ini tidak gratis alias berbayar…. wah males klo harus bayar… setujuuuuu !!!!! , oleh karena itu pake software ini aja yang bisa gratis yaitu :FormatFactory 1.85, silahkan cari di google untuk mendownload nya, atau copy dan paste alamat berikut di browser kamu http://www.brothersoft.com/download-formatfactory-98431.html. Silahkan di coba ya, jika ada yang tahu cara lain yang lebih baik untuk mengimport file .flv silahkan post comment nya.
===========================================================================
Maaf nie ada sedikit revisi, sebelumnya aku pernah posting di sini yang menyatakan klo, untuk memutar file FLV yang harus dilakukan adalah mengkonvert dulu menggunkan FormatFactory menjadi Mpeg, Avi, Mov … itu kesalahan ya, aku posting tulisan itu tapi belum aku coba untuk import file file tersebut ke director waktu di rumah aku coba… eh ternyata ga bisa…. bukan bermaksud menyesatkan atau membuat kecewa, Cuma salah kasih tutorial hee…, walaupun file file tersebut ada yang bisa dijalankan tapi timbul masalah baru di directornya.

Nah sekarang setelah percobaan dan eksperimen dengan metode yang benar dan uji coba tingkat tinggi… hee…hee saranku adalah:

Convert file FLV ke file SWF, menggunkan FormatFactory Ok, Ini udah aku coba, file hasil convertnya bisa di import denagn lancar dan baik di Macromedia Director N bisa di play juga Lohh… he…he…

Berikut cara Konvert nya:
– Download dl FormatFactory ( googling aja yah, aplikasi ini gratis kok)
– lalu pilih Semua ke SWF, Tambah file ( pilih file dg ekstensi FLV) Ok
– Klik Folder Keluaran untuk menentukan di Folder mana hasil konversi akan di simpan
– Klo udah klik mulai, tunggu prosesnya sampai selesai

Buka director, Import FIle dengan ekstensi SWF hasil konvert tadi masukkan ke Stage, Coba Klik Play … Nah Video bisa dijalankan kan….
Jadi selamat ya Anda berhasil menjalankan file FLV di Director, dengan jalan mengkonvertnya ke SWF terlebih dahulu . Selesai juga….