Menyelamatkan data data penting kita dari hardisk yang mengalami bad sector semoga artikel ini berguna bagi teman teman semua.
Cerita anya adalah seperti ini ( haa..ahahaa amaksudnya mengapa sampai aku tulis tutorial karena jumat 11 Mret 2011 kemarin ada masalah dengan hdd netbook acer teman ku )

Beginilah keadaaknn netbook itu ( netbook mati ga bisa masuk windows, waktu mau di install ulang hdd ga kedetek, wkatu di periksa di bioa masih kedetek, jadi kita simpulkan itu hdd bad sector )–> waktu dibawa ke teknisi ( tempat dl beli itu netbook ) memang benar bad sector!!!! , acer nya masih garansi kan klo masih garansi ga mungkin buka segel untuk bikin paralel hdd ke komputer lain, padahal jika dikirim ke servis center acer hdd tersebut pasti diganti hdd baru dengan data ( Hilang !!!) ini kata teknisinya ( yg dari toko beli acer nya ) karena hdd lama akan jadi milik acer nya. Nah jadi mencoba untuk mengambil data dari hdd bad sektor tersebut sebelum dikirim ke servis center untuk diganti hdd baru.ian da

Lalu yang aku lakukan adalah sebagai berikut:
1. Membuat live cd untuk booting netbook dari cd room , kemudian datalalu sete yg terbaca dari hdd dipindah ke hdd eksternal—> lalu setelah data terselamatkan , baru dikirim ke acer servis center itu netbook untuk di klaim garansinya.

Nah ini adalah cara membuat live cd:
1. Buka link berikut : http://www.livecdlist.com/
2. Aku pilih yang ubuntu ( pakai linux ini )
3. download file nya ( bereksternsi .iso)
4. Karena berekstensi iso jadi kita bakar ke cd dengan nero ( ini nero 6 ) klo nero versi lain bisa serch di gogole cara bakarnya , atau lihat cara berikut
Dengan Nero – Burning ROM (Ahead Software) ( sumber http://bandito.wordpress.com/2010/01/26/file-iso-dan-cara-membakarnya/)
Sebelum kamu menulis file ISO dengan Nero, pastikan dulu Neronya bukan yang gratis/trial harus yang activated/bayar. Biar kamu otak-atik enga akan bias kalau yang trial.
Langkah – Langkahnya :

  1. Sudah ada kan file ISOnya ? kalau belum siapkan dulu atau download ke computer kamu.
  2. Masukkan CD kosong ke drive CD-RW
  3. Start Nero Burningnya
  4. Cari menu Burn Image to Disc (letaknya berbeda pada versi Nero yang berbeda) Coba klik Data CD Creation, liat ada enga “Burn Image” kalau enga ada coba liat menu Copy and Backup, liat ada Burn Image to Disc enga ? kalau ada klik aja tanpa ragu-ragu
  5. Pada kotak dialog pilih file ISO yang tadi sudah kamu siapkan dan klik Open
  6. Klik Burn
  7. Selesai

Nero
 

i

 tunggu hingga proses burning selesai setelah selesai maka
5. masukkan live cd ke cd drive biarkan linux booting terus pilih yg try ubuntu saja ( jgn yg install ) tunggu lagi setelah ubuntu nya booting dan masuk sistem kita cari data dari hdd kita terus pindah semuanya ke hdd eksternal. Nah dengan hal ini berarti data sudah selamat, tinggal ganti hdd bad sector tersebut dengan yg baru biar ga rusak2 lagi kelak dikemudian hari

Ingin Kerja dari rumah dan mendapat penghasilan jutaan klik
Atau ingin Ingin mendapatkan penghasiilan, hanya dengan mengalihkan belanja bulanan silahkan klik banner berikut <a href=”http://www.bidvertiser.com”>affiliate program</a> Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.