Tips Menampilkan Widget Tertentu Hanya Pada Homepage Blog. Karena alasan tertentu, misalkan untuk menghemat ruang side bar maupun mempersingkat waktu loading halaman blog, kita dapat mengatur agar widget tertentu hanya muncul pada homepage saja. Dengan pengaturan tersebut, suatu widget (yang kita kehendaki) hanya akan muncul pada halaman homepage saja. Jika tertarik, silakan ikuti tipsnya berikut ini bersama Tips dan Trik Blog.

Sebagai contoh dalam kasus ini, misalkan saya ingin agar widget “data pengunjung” hanya muncul pada halaman homepage saja sedangkan pada halaman permalink (postingan) widget ini tidak akan muncul. Begitu juga dengan widget yang lain. Caranya sebagai berikut.

Pertama, login ke blogger hingga masuk Dasbor >> Tata Letak >> Edit HTML
Kedua, jangan lupa centangi “Expand Templates Widget
Ketiga, cari kode sebagai berikut.







Keempat, tambahkan (sisipkan) kode berikut ini (berwarna merah) sehingga menjadi seperti di bawah ini.









Kelima, simpan template
Keenam, selesai.

Untuk melihat contoh hasilnya, silakan kunjungi blog Bisnis Internet. Coba perhatikan, Widget “Data Pengunjung” yang ada di side bar sebelah kiri akan muncul pada homepage saja namun ketika kita membuka halaman permalink atau halaman postingan, widget tersebut tidak muncul. Dengan demikian diharapkan dapat mempersingkat/memperingan waktu loading halaman permalink.

Selamat Mencoba!!!!