Musem Affandi terletak di jalan  Laksda Adi Sucipto 167, Yogyakarta.  
Di musium yang memiliki 3 buah galeri tersebut tersimpan koleksi dari hasil karya mengagumkan sosok Affandi, lukisannya sangat indah dan memiliki goresan yang kuat, selain itu tersimpan juga baju, celana, sarung, rokok dan beberapa barang pribadi sang Maestro termasuk peralatan lukis nya.
Aku memang baru sekali berkunjung ke museum ini, bukan tujuan untuk berwisata tetapi ada kerjaan khusus. 
Seperti museum lukis lainnya di museum affandi kita dilarang : makan dalam museum, merokok, dan foto foto ( foto lukisan ), karena cahaya kamera bisa merusak lukisan, serta yang paling penting jangan sentuh lukisan ( don’t touch painting ) tapi masih ada juga tangan tangan jahil yang sentuh sentuh lukisan affandi, seperti waktu kemarin aku kesana aku lihat ada mahasiswa yang sentuh lukisannya, ( ga banyak sih…!! cuma pakai ujung jari ( ujung nya aja ) tapi tetep aja itu dinamanakn : MENYENTUH LUKISAN ). 
  • Di galeri 1 terdapat pajangan lukisan dan barang pribadi affandi
  • Di galeri 2 terdapat lukisan kartika affandi ( merupakan anak dari affandi ) serta beberapa lukisan oleh pelukis lain
  • Di galeri 3 terdapat lukisan Affandi dan Istri nya ( Maryati : lukisan sulam )
Sosok Affandi terlihat menyengkan, ramah dan sepertinya ceria, terbukti dari foto foto serta video selama beliau masih hidup, kehidupan dengan keluarnya terlihat cukup harmonis, foto Affandi dan Istrinya ( Maryati ) sanggat lucu bagiku, hee…… klo tidak percaya lihat saja sendiri di galeri 1 harga masuk museum klo ga salah Rp 20.000

Museum Affandi adalah museum unik, bentuknya seperti daun. Mengingat cita cita Affandi yang ingi membuat museum dari daun pisang, jadi bentuk museum ini atapnya di buat semirip mungkin dengan daun, warna museum di dominasi warna hijau, dengan cafe ‘loteng’ yang sangat sejuk dan asri dan rapi, suasanya sanagt menyenangkan walau berapa di tengah kota museum ini tidak terasa panas, karena banyak pohon dan terletah di pinggir sungai.
Berikut ini adalah gambar dari salah satu sudut pandang museum affandi, ada kolam renang segala… sungguh tempat yang sangat menyenangkan.


 
Berikt merupan suasana di cafe Loteng ( asri kan, sejuk lagi udaranya ).
Sedang di tempat ini ( salah satu sudut Cafe ‘Loteng ‘ ) aku duduk untuk beristirahat serta makan siang, bersama yang lain. Dibawah pohon pandan, dibawah rumah kayu nya Pak Affandi, udara terasa begitu sejuk disini. Nice place.
Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.
Iklan