Jika Anda malas menyalin tulisan-tulisan yang ada di buku, sedangkan Anda memiliki hardware yang namanya scanner, selain komputer dan perangkat lainnya. Mungkin ini salah satu cara yang dapat Anda dilakukan untuk memanfaatkan ‘scanner’ tersebut. Ya… berikut ini adalah caranya:
1. Masuk ke menu START – All Programs – Accessories – Scanner and Camera Wizard.

2. Maka akan tampil layar seperti berikut. (Saya tidak pakai driver untuk scan bawaan printer, tapi pakai menu Scanner and Camera Wizard).

3. Setelah mengklik tombol Next, maka akan tampil layar berikut.

4. Pada layar Choose Scanning Preferences, di Picture Type, untuk pilihan teks semua. Maka pilih Black and white picture or text dan pada Custom Settings tentukan di 300 dpi (pilihan normal/ tidak terlalu bagus/ tidak berat). Jika sudah, lalu tekan tombol Next.

5. Pada layar diatas, yang terpenting adalah menentukan file format, untuk hal ini pilih TIF (Tagged Image File Format [*.tif; *.tiff]). Setelah semua sudah siap, tekanlah tombol Next untuk menjadikan tulisan dalam buku yang Anda scan terpindai dan tersimpan dalam komputer (dalam format *.tif).

6. Pada tahap ini, Anda masuk ke menu START – All Programs – Microsoft Office – Microsoft Office Tools – Microsoft Office Document Imaging. Maka akan tampil layar seperti berikut.

7. Di layar ini (Microsoft Office Document Imaging), masuk ke menu File dan pilih menu Open… atau tekan Ctrl+O untuk mencari file tadi *.tif (hasil scan).

8. Pada layar Open seperti gambar diatas, di bagian bawah (Files of type) pilih Tagged Image File Format. Lalu tekan tombol Open untuk membukanya.

9. Cuplikan dari isi Majalah Angkasa edisi Jip Perang diatas, adalah contoh yang saya ajukan berikut gambarnya.

10. Setelah gambar tersebut terbaca oleh aplikasi Microsoft Office Document Imaging. Anda bisa lihat di atas (posisi dibawah baris File dan kawan-kawan). Terdapat menu Send Text To Word seperti yang saya lingkari pada gambar diatas. Pilih, Klik dan ikuti langkah selanjutnya…

11. Jika sudah siap dimana menyimpannya, lanjutkan dengan menekan tombol OK.

12. Langsung saja tekan tombol OK.


13. Proses perubahan nya… (Loading/ Confert). Dan berikut ini adalah hasilnya (saya sajikan dalam 3 gambar).


14. Yang harus diingat, hasil tampilan tulisan diatas (hasil tadi) berupa web.

15. Untuk itu, tampilannya di rubah ke Print Layout View. Agar terlihat normal (Default).

16. Setelah itu, Masuk ke Menu File – Save As.


17. Di tahap terakhir ini (pada layar Save As), dibagian bawah terdapat pilihan Save as type yang diarahkan ke tipe Word Document. Lalu tekan tombol Save.

Attention: (untuk Perhatian) Time
Hasil yang didapat tidak murni menjadikan tulisan dalam buku yang dipindai menjadi sesuai dengan yang kita inginkan. Masih banyak tulisan hasil tadi harus di susun dan ubah seperti yang Anda inginkan.
“Tidak ada yang instan (langsung jadi) di dunia ini. Membuat mie instan saja butuh waktu”
Mohon maaf jika ada kesalahan dan Mudah-mudahan bahasan diatas dapat menjadi manfaat bagi saya dan semua pembaca. Amin

Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.