Perah mendengar instilah sunmor ( Sunday morning ) ? Mungkin bagi mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta dan penduduk Yogyakarta sendiri istilah ini tidak asing , sunmor atau bisa juga disebut minggu pagi UGM merupakan pasar dadakan yang biasanya berlangsung dari jam 5 pagi sampai jam 11 siang tiap hari minggu, sunmor ini berlokasi di sebelah timur gedung fakultas d3 ekonomika dan bisnis UGM di daerah sagan, bulaksumur , Yogayakarta.

Pada hari minggu pagi jalan yang biasanya ramai oleh arus lalu lintas tiba tiba berubah menjadi pasar yang ramai dipadati pengunjung, di sunmor tersedia aneka barang kebutuhan sehari hari mulai dari sarung bantal, seprei, baju, celana, rok, jilbab, pakaian dalam, perlengkapan ibadah, hiasan rumah, mainan anak – anak, obat obatan, tanaman hias, binatang peliharaan seperti ( hamster, ikan hias, kura kura ), alat alat pertukangan, aksesoris ( seperti : kalung , cincin, ssofcase laptop, casing mobile phone, bros, gantungan kunci ), lalu ada juga tas wanita, dompet,  tas ransel, sepatu, sandal, serta warung makan yang lengkap sekali menyediakan aneka makanan dan minuman bahkana da yang jual jamu juga, selain itu biasanya ada pertunjukan topeng monyet jug alho…hii…hiii….serta masih banyak lagi.

Tiap minggu daerah ( sunmor ) ramai dikunjungi, jalan raya nya menjadi agak macet dan jalan kearah utara di sebelah timur fakultas ekonomi di tutup karena dijadikan arena berjualan, berbelanja di sunmor adalah hal yang menyengkan bagai mana tidak selain tersedia banyak sekali pilihan barang yang ada harganya pun tergolong relative murah, sehingga cocok bagi kantong mahasiswa ( hiii..hiii ). Oleh karena itu, jika kita berkunjung di sunmor kita akan melihat sebagian pengunjung adalah mahasiswa yang berkuliah di Yogyakarta dan sekitarnya.

Aku sendiri sering sekali ke sunmor, kadang membeli sesuatu kadang kadang hanya untuk jalan jalan di hari minggu, untuk melepas penat setelah bekerja. Barang barang yang pernah aku beli disana antara lain : tas ransel, pakaian, tempat kabel adaptor laptop, pengiris kentang, kayu ajaib untuk pengobatan, tas biasa, jaket, gantungan Hp ( mobile Phone ), makanan, minuman ( bahkan aku juga pernah memecahkan gelas hiiiiii… untung penjualnya tidak marah hiiii..hiii ), ada juga beberapa orang asing ( kayak bule bule ( western ) yang berada di sunmor, mungkin juga jalan jalan dan melihat lihat beberapa barang, biasanya bule ini adalh mahasiswa luar yang kuliah di UGM ).

Kesimpulannya menyenagkan sekali bisa menemukan sebuah tempat referensi belanja yang menyediakan banyak barang dan harga yang sangat terjangkau, sebagai tambahan teman teman jangan lupa cobalah untuk menawar sebelum membeli hiii…hiiii, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Buat teman teman yang menemukan broken link alias link rusak tolong kasih tahu ya,admin mengucapkan terimakasih atas laporannya.Mohon laporannya tulis di kolom komentar. Aku usahakan untuk segera diperbaiki.