Memasang Statistik Blog Dengan Indostats. Indostats merupakan salah satu situs lokal (berasal dari Indonesia) yang menyediakan layanan untuk mengetahui statistik pengunjung blog. Layanan tersebut dapat kita gunakan secara cuma-cuma alias gratis. Kita hanya perlu melakukan pendaftaran (sign up) kemudian mengisi data-data blog kita kemudian mengcopy paste kode javascript yang diberikan dan kita pasang pada blog kita.

Walaupun masih beta, situs ini memberikan layanan untuk statistik pengunjung blog yang sangat lengkap dan hasilnya (report) dapat kita lihat secara real time dan up to date.

Layanan atau fitur yang dapat kita manfaatkan dari Indostats ini antara lain adalah


Peringkat dan Direktori Situs

Dengan memasang tracker Indostats maka secara otomatis blog kita akan dimasukkan pada halaman peringkat dan direktori situs kecuali kita memilih jenis report privat. Dengan mengetahui peringkat blog kita, maka kita dapat melakukan langkah-langkah strategis sehubungan dengan bagaimana meningkatkan peringkat blog kita. Dan satu hal yang pasti, kita mempunyai kesempatan untuk menambah jumlah pengunjung blog kita.


Pengunjung dan Page view

Dengan fitur ini, kita akan mengetahui jumlah pengunjung dan page view terhadap blog kita. Data tersebut dapat kita tampilkan dalam rentang waktu harian, mingguan, bulanan, dan juga tahunan. Dengan data tersebut kita dapat mengetahui perkembangan jumlah pengunjung blog kita. Kita juga akan dapat mengetahui jam dan hari yang paling aktif dan mendatangkan pengunjung terbanyak untuk blog kita.


Mesin Pencari dan Kata Kunci

Dengan fitur ini, kita akan mengetahui kata kunci (keyword) dan mesin pencari yang digunakan pengunjung untuk menemukan blog kita. Hal ini penting sekali untuk mengetahui seberapa optimalkah kata kunci telah kita gunakan pada blog kita dideteksi oleh suatu mesin pencari.


Situs Referral

Dengan fitur ini, kita akan dapat mengetahui bagaimana pengunjung mengetahui blog milik kita. Hal ini akan membantu kita untuk mengetahui situs / link blog mana yang mendatangkan banyak pengunjung bagi blog kita dan yang tidak. Dari sini, kita dapat menentukan langkah-langkah dan solusi yang tepat di mana kita akan menambah link back blog kita.


Halaman Masuk

Dengan fitur ini, kita akan mengetahui halaman pertama yang diakses oleh pengunjung ketika mengunjungi blog kita. Selain halaman depan, para pengunjung mungkin masuk melalui halaman-halaman lain (postingan) yang mungkin diluar dugaan kita. Mungkin postingan yang kita anggap kurang menarik justru merupakan postingan favorit pengunjung. Dari sini kemudian kita dapat menentukan langkah-langkah berikutnya, misalnya membuat ulasan yang lebih mendalam atau mengoreksi atau bahkan menambahkan terhadap postingan tersebut.


Sistem

Pada fitur ini, kita akan mengetahui report mengenai sistem operasi, web browser, resolusi layar, warna, versi flash player dan javascript. Data seperti ini penting karena berhubungan dengan hal teknis dan tampilan blog / situs kita. Sebagai contoh, dari report browser, kita akan mengetahui browser yang paling banyak digunakan oleh pengunjung dan kemudian dari data tersebut, kita dapat memastikan bahwa blog kita telah kompatibel dengan browser tersebut.


Kota dan Negara

Dengan fitur ini, kita akan mengetahui asal kota dan Negara pengunjung blog kita. Dengan mengetahui data ini, kita akan dapat menentukan langkah-langkah berikutnya sehubungan dengan segmentasi pengunjung blog kita. Sebagai contoh, misalkan sebagian besar pengunjung blog kita berasal dari Amerika, kita dapat menggunakan bahasa pengantar yang cocok, misalnya dengan bahasa Inggris. Atau bisa juga kita gunakan untuk menentukan iklan / banner yang pas untuk para pengunjung blog kita tersebut.

Halaman Popular

Dengan fitur ini, kita dapat mengetahui halaman mana saja yang paling diminati pengunjung. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat memaksimalkan potensi halaman tersebut dengan cara mengulasnya lebih detail atau menambah postingan lain yang masih berkaitan atau bahkan dapat kita gunakan sebagai sarana iklan. Kita pun dapat mengetahui halaman mana saja yang kurang populer (kurang diminati pengunjung). Dengan mengetahui hal tersebut kita dapat menentukan langkah-langkah yang berkaitan dengan pengoptimalan halaman tersebut.

Selain itu, Indostats juga menyediakan fitur Statistik Real Time juga Data Statistik 60 Hari Terakhir, dan masih banyak lagi fitur dan juga keuntungan dari Indostats ini, antara adanya opsi untuk memilih jenis report publik (bisa dilihat pengunjung atau orang lain) atau privat (hanya untuk konsumsi pribadi). Selain itu, kita juga dapat menambahkan situs sebanyak yang kita inginkan.

Untuk memasang dan menikmati layanan tracker Indostats pada blog kita, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.


Pertama, buka halaman http://www.indostats.com/

Kedua, klik menu “Daftar” yang ada di bagian atas. Kemudian isikan alamat email, Password, Negara, seperti screenshot di bawah ini.

Ketiga, klik “Daftar” dan kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul halaman isian informasi blog kita, yaitu ID Status, Nama Situs, URL_Situs, Deskripsi situs, kategori situs, Zona Waktu, Jenis Report (public, privat).

Keempat, klik “Tambah Situs

Kelima, kemudian kita akan mendapatkan kode javascript yang harus kita copy paste pada blog kita. Contoh kode javascriptnya seperti di bawah ini.


var tr_siteid = ‘komp2010’;

Indostats | Free counter Indonesia

Cara memasang tracker Indostats adalah sebagai berikut.

  1. login ke account blogger hingga masuk Dasbor >> Tata Letak >> Tambah Gadget >> Tambahkan HTML/Javascript.
  2. Pastekan kode javascript yang kita dapatkan tersebut.
  3. Simpan Perubahan

Keenam, selesai.

Tampilannya seperti di bawah ini.


var tr_siteid = ‘komp2010’;

Indostats | Free counter Indonesia


Untuk menampilkan report data blog kita, caranya adalah sebagai berikut.

Pertama, buka halaman http://www.indostats.com/.

Kedua, masuk (klik) menu “Member”
Ketiga, kemudian klik ID Status dari blog yang ingin kita lihat report datanya, seperti screenshot di bawah ini.


Keempat, kemudian kita dapat melihat report apa saja yang ingin kita tampilkan.

Contoh di bawah ini adalah “report Halaman Populer” dari blog Tips dan Trik Komputer.

Kelima, Selamat Mencoba!!