Cara Memasang Widget Random Post Pada Blog. Sesuai dengan namanya, Widget Random Post ini berfungsi untuk menampilkan postingan secara acak (random) pada blog sehingga postingan-postingan terdahulu yang tersimpan pada arsip masih tetap dapat disimak oleh pengunjung. Dengan demikian pemasangan widget tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu sarana promosi atas postingan-postingan terdahulu. Jika tertarik, silakan ikuti tipsnya bersama Tips dan Trik Blog berikut ini.

Widget yang saya dapatkan dari Mas Anang tersebut hanya membatasi untuk 1000 postingan. Untuk memasang widget ini tidak membutuhkan langkah-langkah yang rumit.

Langkah-langkah untuk memasang widget tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama, login ke blogger hingga masuk Dasbor >> Tata Letak >> Tambah Gadget >> Tambahkan HTML/Javascript

Kedua, copy paste kode berikut ini.

function pipeCallback(obj) {
document.write(‘

    ‘);
    var i;
    for (i = 0; i < obj.count ; i++)
    {
    var href = “‘” + obj.value.items[i].link + “‘”;
    var item = “
  • ” + “” + obj.value.items[i].title + “
  • “;
    document.write(item);
    }
    document.write(‘

‘);
}

<script src="http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.run?_render=json&_callback=pipeCallback&_id=ac99ebe0691031008a48d750fdbeaa67&url=http%3A%2F%2Fnamablog.blogspot.com&num=10” type=”text/javascript”>

Catatan :

Ubah namablog.blogspot.com dengan nama blog masing-masing tanpa diikuti http, misalnya tips-trik-blog.blogspot.com
Angka 10 menunjukkan jumlah postingan yang akan ditampilkan secara acak yang kita ganti sesuai dengan keinginan masing-masing.

Ketiga, Simpan Perubahan.

Keempat, selesai.

Coba sekarang refresh blog dan kemudian pastikan random post telah ada di blog kita dan hasilnya dapat dilihat pada blog all my life atau pada footer blog ini.

Selamat Mencoba!!

(sumber : Anang’s Blog)