Blogger Menambahkan Fitur Baru Label Cloud. Ketika saya ingin menambahkan gadget label pada salah satu blog saya, secara tidak sengaja saya menemukan fitur baru yang disediakan oleh blogger. Fitur tersebut adalah kita dapat memilih jenis tampilan label (kategori) berupa cloud di mana sebelumnya pilihan tampilan tersebut tidak tersedia. Mungkin ini bagian dari salah satu bentuk kepedulian Blogger yang ingin selalu memberikan yang terbaik kepada para penggunanya. Jadi sekarang, bagi new blogger yang ingin membuat label cloud, tidak perlu susah-susah mengotak-atik HTML karena pihak Blogger telah menyediakannya yang dapat dilakukan secara praktis dan simple.

Dengan adanya fitur baru tersebut, langkah-langkah untuk menambahkan label cloud adalah sebagai berikut.

Pertama, login ke account blogger hingga masuk Dasbor >> Tata Letak >> Tambah Gadget

Kedua, pilih Gadget Label hingga muncul jendela seperti di bawah ini.

Ketiga, pada pilihan tampilkan, pilih “Cloud” seperti screenshot di bawah ini.

Keempat, kita juga dapat melakukan pengaturan lainnya, antara lain :

1. Pengaturan untuk tidak menampilkan jumlah entri per label, dengan cara menghilangkan centangan pada “Tampilkan jumlah entri per label

2. Pengaturan untuk hanya menampilkan label-label tertentu saja, dengan cara :

Centangi “Label yang Dipilih” kemudian dilanjutkan dengan mengklik “edit” kemudian akan muncul semua label yang ada kemudian hilangkan centangan pada label yang tidak ingin ditampilkan.

Setelah selesai memilah-milah label-label, lanjutkan dengan mengklik “selesai

Kelima, setelah melakukan pengaturan, jangan lupa untuk mengklik Simpan.

Keenam, refresh blog dan pastikan label cloud sudah bertengger pada side bar blog kita, contoh dapat dilihat pada sidebar blog tips dan trik blog ini.

Selamat Mencoba !!