Memanfaatkan Blogger Sebagai Image Hosting. Sebagai ilustrasi suatu artikel / postingan, biasanya kita menambahkan image pada artikel / postingan tersebut. Menambahkan image tersebut dapat dilakukan dengan cara meng-upload langsung dari komputer melalui menu “unggah (upload)” maupun dengan cara mengupload image pada image hosting lain (pihak ketiga) dan kemudian menyalin kode html-nya. Jika cara pertama yang kita lakukan maka semakin lama “jatah” yang disediakan blogger akan semakin berkurang dari jatah maksimum 1.024 MB (1 GB) yang ada untuk setiap blog-nya. Oleh karena itu, untuk menghemat “jatah” maksimum dari blogger tersebut, “wajib hukumnya” untuk menggunakan image hosting lain. Atau daripada pusing-pusing mencari image hosting, kita manfaatkan saja blogger untuk tujuan ini.

Jika kita mengupload image langsung dari computer melalui menu “unggah (upload)” maka kita akan dibatasi hingga 1.024 MB (kira2 1 GB) untuk setiap blognya, perhatikan screenshot di bawah ini.

Oleh karena itu, seperti yang telah saya sebutkan pada paragraph pertama, dalam rangka penghematan “jatah” tersebut, kita dapat menggunakan image hosting lain. Pada kesempatan kali ini, dari pada susah-susah mencari image hosting, kita akan memanfaatkan blogger sebagai image hosting dan kelebihan menggunakan blogger ini adalah unlimited bandwidth.

Cara memanfaatkan blogger sebagai image hosting adalah sebagai berikut.

Pertama, buatlah blog sederhana di mana blog ini akan kita gunakan khusus untuk mengupload image-image milik kita.

Kedua, buatlah entri (postingan) baru dan kemudian upload-lah image-image yang akan kita gunakan dan kemudian “terbitkan (publish)” postingan tersebut.

Ketiga, bukalah blog yang baru saja kita buat tersebut dan bukalah postingan yang berisi image-image tersebut.

Keempat, mengambil alamat URL dari image yang kita maksud tersebut dengan cara, seperti di bawah ini.

  • Klik kanan pada image yang dimaksud dan pilih “Salin lokasi gambar” jika menggunakan firefox berbahasa Indonesia atau “Copy image location” jika menggunakan firefox berbahasa Inggris.

  • Tempatkan (pastekan) kode URL image tersebut pada postingan pada blog yang ingin kita beri ilustrasi dengan image tersebut. Contoh kode alamat URL-nya seperti di bawah ini.

Untuk menempatkan kode image tersebut pada blog / postingan, kita tambahkan kode “img src” sehingga menjadi seperti di bawah ini.

Kelima, selesai dan selamat mencoba!!

(sumber inspirasi : Kolom Tutorial)