Tutorial kali ini menggunakan tema Bayi dan Bunga, konsepnya adalah menaruh bayi di atas bunga matahari, teknik yang digunakan adalah masking dengan Photoshop berikut adalah tutorialnya :

1. Buka gambar bunga matahari

2. Buka gambar bayi

3.Lalu gabungkan gambar bayi ke dalam objek bunga matahari, caranya klik Move Tool pada Tool Box lalu klik pada gambar bayi tahan dan drag ke dalam gambar bunga, pilih posisi yang paling tepat, lalu lepaskan:

4. Tekan Ctrl+T atau klik –> edit –> free transfrom, lalu atur ukuran objek bayi agar sesuai dengan bunganya, setelah bayi selesai di atur ( letak, ukurannya) tekan enter, sehingga gambar menjadi :

5. Klik pada layer 1 ( layer bayi ), lalu tekan tombol add layer mask ( pada panel layer , sehingga palet layer menjadi :

5. Set warna foreground menjadi hitam #000000,lalu gunakan brush untuk menyembunyikan tepian gambar bayi. ( Nb. dalam masking untuk menyembunyikan gambar dapat dilakukan dengan menyapukan brush yang ber-foreground / warna hitam #000000, sedangkan untuk menampilkan gambar bisa menggunakan brush yang berwarna putih #ffffff), sehingga gambar nya :

Rapikan gambarnya :

6. Jika gambar terasa terlalu panjang gunakan crop tool untuk memotong nya, sehingga diperoleh hasil:

Selamat berkreasi, gambar ini masih bisa diedit lagi untuk memberikan tulisan, yang akan dibahas dalam tutorial selanjutnya.

Ingin mendownload materi .pdf silahkan klik disini