Tips Mempercepat Loading Halaman Blog : Jika berbicara masalah kecepatan loading suatu blog, kita dapat memfonis hanya pada satu sisi saja, namun banyak factor yang mempengaruhinya. Nah, berikut ini adalah salah tips yang mungkin dapat mempercepat loading suatu blog, yaitu dengan mengkompress (memampatkan) kode css yang mungkin sudah terlalu gemuk karena sering kita menambahkannya atau mengubahnya. Dengan pengkompresan ini, diharapkan menjadikan kode css-nya lebih simple dan akhirnya dapat menjadikan proses loading menjadi lebih cepat. Jika tertarik, silakan ikuti tipsnya berikut ini.

Adalah CSS Drive yang memberikan layanan pengkompresan kode css secara online sehingga kita akan dapat langsung mendapatkan hasil kompresannya dan dapat langsung kita pastekan ke template blog kita. “Kompressor online” tersebut dapat kita temukan di http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor/.

Lebih lanjut langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama, login ke account blogger hingga masuk Dasbor >> Tata Letak >> Edit HTML.

Kedua, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, lakukan backup template blog kita terlebih dahulu.

Ketiga, buka halaman http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor/ hingga kita akan mendapati halaman

Ketiga, sorot (blok) kode css mulai hingga kemudian salin dan pastekan pada kotak di bawah tulisan “Insert CSS Code”.

Keempat, klik “Compress it” dan tunggu beberapa saat hingga kita akan mendapati hasil kompresan tersebut dengan “Compression results”, seperti di bawah ini.

Kelima, klik “Hightlight Code” dan pastekan ke template blog kita tersebut.

Keenam, simpan template

Ketujuh, selesai

Sekarang, cobalah refresh blog dan lihatlah perbedaannya, jika pun tidak ada perbedaannya, setidaknya dapat kita jadikan sebagai ilmu pengetahuan.(ha ha ha sama juga bohong, ya)

(referensi : Kang Noval)