Seleksi pada Photoshop sangat banyak caranya, karena begitu banyak tools yang disediakan oleh photoshop itu sendiri, seleksi pada intinya mengambil / memilih suatu bagian dan memisahkannya dari bagian lain. Untuk melihat bagai mana cara kerja seleksi ini mari kita lihat contoh nya. Nah ini adalah beberapa tool yang bisa digunakan untuk membuat seleksi seperti tampak pada gambar:
Tool tersebut antara lain marquee tool,lasso tool, magic wand tool,pen tool, untuk menggunakannya masing masing tool memiliki karakteristik yang berbeda beda. Misalnya gambar laptop berikut ini, untuk kasus ini aku menggunakan
magic wand tool, klik magic wand tool–> klik magic wand tool di daerah putih sehingga gambar akan dikelilingi garis putus putus seperti berikut:
Nah sekarang klik pada Edit In Quick Mask Mode, maka gambar akan menjadi berwarna merah

Kemudian gunakan erase tool untuk melengkapi warna merah pada bagian yang belum terseleksi, dan gunakan brush tool untuk menghilangkan warna merah pada bagian yang mengalami kelebihan seleksi sehingga gambar akan nampak seperti berikut :

Setelah itu klik pada Edit In Standart Mode —> Select –> Invese, Gambar laptop akan terseleksi secara penuh dan sempurna.

Dari hasil seleksi tersebut gambar laptop bisa dipindah pindah ke gambar lain, serta memungkinkan penggantian background. Cara ini seperti yang aku gunakan untuk membuat Kartu Nama dengan background laptop seperti dihalaman ini silahkan di klik untuk melihat contohnya, Tetapi selain cara di atas masih ada banyak cara lagi untuk membuat seleksi tutorial berikutnya tentang seleksi dengan gambar laptop sebagai contoh InsyaAlloh beberapa hari lagi akan aku buat dan filenya silahkan di download agar lebih mudah dipelajari.