Membuat Banner Exchange Swalayan : Permintaan untuk melakukan tukeran banner (banner exchange) dari teman-teman blogger kadang-kadang menjadi suatu pekerjaan yang sedikit merepotkan. Di satu sisi, jika permintaan tersebut tidak kita laksanakan maka kita dapat “diumpat-umpat” sebagai blogger yang tidak mempunyai etika dalam dunia per-blog-an khususnya pertukaran banner. Karena ada semacam etika / peraturan tidak tertulis tentang adanya “kewajiban” untuk memasang banner blogger lain ketika blogger tersebut memasang banner kita pada blog mereka.

Namun di sisi lain, memasang banner itu sendiri, walaupun tidak sulit, toh tetap harus meluangkan sedikit waktu karena harus melakukan login ke account terlebih dahulu dan juga prosesi-prosesi lainnya yang tidak bisa kita lakukan secara instant.

Nah, jika kita tidak ingin diumpat oleh blogger lain karena terlambat atau bahkan tidak memasang banner mereka dan kita pun tidak perlu repot-repot melakukan prosesi ini dan itu, kita dapat mengambil jalan tengahnya dengan memasang Banner Exchange Swalayan yang disediakan oleh PlugMe.

Saya katakan swalayan karena teman-teman blogger yang ingin agar bannernya terpampang pada blog kita akan dapat melakukan pemasangan sendiri tanpa harus memohon kepada kita untuk memasangnya.

Jika tertarik untuk menggunakannya, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Pertama, kunjungi situs PlugMe yang beralamat di http://www.plugme.net/

Kedua, klik Register untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu, hingga muncul form seperti di bawah ini.

Ketiga, isikan data serta email yang diminta dan jangan lupa centangi “I have read and agreed to the terms of service”.

Keempat, klik register

Kelima, setelah sukses melakukan pendaftaran, login dengan menggunakan username dan password yang telah kita daftarkan tersebut.

Keenam, sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, kita dapat melakukan pengaturan-pengaturan terlebih dahulu, dengan mengklik menu “settings”. Di situ, kita dapat melakukan pengaturan warna background, flood control (pencegahan pemasangan button berulang-ulang), ukuran button yang kita inginkan, jumlah button per baris, jumlah baris, serta email notify.

Ketujuh, jika menginginkan kita dapat melakukan pembatasan (pemblokiran) terhadap IP dan domain tertentu agar tidak dapat melakukan pemasangan swalayan pada blog kita. Untuk melakukan ini, kita dapat mengakses menu “Restrictions”.

Kedelapan, tahap akhir adalah memasang kode html pada blog kita, dengan cara mengakses menu “HTML Code”, seperti di bawah ini.

Kesembilan, copy dan paste yang telah disediakan pada gadget blog kita.

Kesepuluh, selesai.

Sekarang refreh blog kita dan pastikan tool-nya sudah muncul pada blog atau gadget blog kita, seperti di bawah ini.

Keterangan

Alamat situs >> http://www.plugme.net/