ke bagian bawah

Membuat Link Kembali Ke Atas : Jujur, saya merasa kebingungan untuk memberikan judul postingan ini. Yang jelas, tips kali ini dapat kita aplikasikan untuk halaman postingan yang panjang. Kenapa? Ketika kita membaca halaman yang panjang pastilah kita harus melakukan scroll ke bawah dan ke atas untuk membaca semua isi tulisannya dan hal ini dapat menjengkelkan ketika kita harus melakukannya beberapa kali.

Nah, untuk itu, kita dapat membuat link yang dapat menggantikan fungsi scroll tersebut. Praktisnya begini, ketika kita membaca tulisan sampai pada akhir halaman tiba-tiba kita ingin mengulangi tulisan yang berada di bagian atas maka dengan mengklik klik yang kita buat tersebut, kita akan menuju ke bagian atas tulisan tersebut dengan cepat.


MEMBUAT LINK KE BAGIAN ATAS

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama,

  • Login ke account blogger hingga masuk Dasbor >> Tata Letak >> Edit HTML
  • Cari dan temukan kode
  • tempatkan kode dengan format seperti di bawah ini persis di bawah .

    Kita dapat mengganti kata “atas” dengan nama atau sebutan lain yang mungkin lebih berasosiasi ke bagian tertentu, misalnya “bawah” (asosiasinya mengarah kepada bagian bawah halaman atau tulisan), atau bisa “tengah” (ke bagian tengah halaman), dan lain-lainnya. Saya menggunakan kata “atas” karena asosiasinya mengarah ke bagian atas.

  • Kemudian simpan template

Kedua,

  • Kemudian kita masuk ke halaman pengetikan / post editor (Dasbor >> Entri Baru).
  • Kemudian kita ketikkan isi postingan
  • Kemudian tempatkan (sisipkan) kode dengan format seperti di bawah ini di bagian paling bawah dari tulisan/postingan atau di bagian lain sesuka kita.

    kembali ke atas

    Kita dapat mengganti “kembali ke atas” dengan tulisan yang lain sesuai selera masing-masing.

  • Terbitkan (publish) postingan kita tersebut

Ketiga,
Sekarang kita buka blog kita dan bukalah postingan yang baru saja kita buat tadi kemudian klik link yang baru kita buat, dalam contoh di sini adalah “kembali ke atas” dan pastikan kita dapat melihat hasilnya yaitu kita akan di bawa ke bagian atas halaman blog kita. Sebagai contoh, kliklah link di bawah ini dan lihatlah efeknya.

KE BAGIAN ATAS

Keempat, selesai


MEMBUAT LINK KE BAGIAN BAWAH

Jika menginginkan, kita dapat membuat link yang mengarah kepada bagian tertentu dari halaman postingan, misalnya ke bagian bawah tulisan, atau ke bagian tengah tulisan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama,

  • Masuk ke halaman pengetikan/post editor (dasbor>>Entri Baru>
  • Ketikkan isi postingan hingga selesai
  • Tempatkan atau sisipkan dengan format seperti di bawah ini pada bagian di mana kita ingin link di bawa ke bagian tersebut.
    Jika ingin kita dibawa ke bagian bawah tulisan maka letakkan kode di bawah ini pada akhir tulisan. Jika kita ingin di bawa ke bagian tengah tulisan, maka letakkan kode di bawah ini pada bagian tengah-tengah tulisan.

    Seperti yang telah saya sebutkan di atas, kita juga dapat mengganti “bawah” dengan nama atau sebutan yang lain sesuai selera masing-masing.

Kedua,

  • tempatkan atau sisipkan kode dengan format seperti di bawah ini di bagian tulisan yang kita inginkan, misalkan kita tempatkan di bagian atas tulisan.

    KE BAGIAN BAWAH

  • kemudian terbitkan atau publish postingan tersebut

Ketiga,

  • Kemudian buka blog dan bukalah halaman postingan yang baru saja kita buat tersebut dan cobalah untuk mengklik yang kita buat tersebut dan pastikan kita akan di bawa ke bagian bawah tulisan atau postingan.
  • Untuk melihat hasilnya, silakan klik link “ke bagian bawah” yang berada di bagian atas dari postingan ini.

Keempat, selesai

MEMBUAT LINK KE TULISAN TERTENTU DALAM SATU HALAMAN

Kita juga dapat membuat link yang dapat kita arahkan ke tulisan tertentu dari suatu postingan. Caranya sama dengan langkah-langkah di atas, tempatkan kode pertama sebelum tulisan (kata) yang ingin dituju tersebut. Kemudian buatlah link dengan menempatkan kode yang kedua ke bagian tulisan yang diinginkan.

Contohnya, silakan diklik masing-masing link di bawah ini dan lihatlah hasilnya.

ke MEMBUAT LINK BAGIAN ATAS
ke MEMBUAT LINK BAGIAN BAWAH
ke BAGIAN ATAS

Selamat Mencoba!!!