Membuat Judul Postingan Menjadi Judul Blog : Ketika kita membuka halaman suatu blog, kita akan melihat judul blog diikuti dengan judul postingan pada title bar pada browser yang kita gunakan. Sebagai contoh, ketika kita membuka postingan “Pengaturan Tampilan Komentar Autor Blog” pada blog ini maka kita akan melihat tampilan “Tips dan Trik Blog : Pengaturan Tampilan Autor Blog” pada title bar.

Dengan tampilan seperti itu, selain tulisan yang muncul pada title bar menjadi lebih panjang juga dengan format seperti ini menurut ahli SEO, membuat judul postingan dinilai kurang SEO friendly.

Jika menginginkan, kita dapat membuat judul postingan menjadi judul blog sehingga lebih SEO friendly. Dengan demikian, search engine akan dapat men-detect setiap judul postingan sebagai suatu keyword tersendiri. Selain itu, ketika kita membuka halaman suatu postingan (artikel) tertentu maka yang akan muncul pada title bar hanya judul postingan (artikel) tersebut sehingga lebih simple dan pendek.

Untuk membuat postingan menjadi judul blog, langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama, login ke account blogger hingga masuk Dasbor >> Tata Letak >> Edit HTML

Kedua, jangan lupa centangi “Expand Widget Template”

Ketiga, cari dan temukan kode di bawah ini yang letaknya di bawah kode

Keempat, ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini.

Kelima, simpan template

Keenam, selesai.

Sekarang refresh blog kemudian buka salah satu postingan dan pastikan judul postingan tersebut sudah muncul pada title bar, seperti dapat kita lihat pada blog ini.

Jika memang blog kita sudah terindex oleh suatu search engine maka ketika kita mengetikkan keyword tertentu pada search engine tersebut, kita akan dapat melihat hasilnya seperti di bawah ini, di mana judul blognya tidak “ikut terbawa” lagi.


Sebelum merubahnya, dalam hasil pencarian dengan suatu search engine kita akan melihat hasilnya seperti di bawah ini, di mana judul blog-nya ikut “terbawa”.


Sukses!!