Memasang Widget Kotak Penelusuran Blog : Widget ini merupakan salah satu widget baru yang masih dalam draft blogger namun sudah dapat kita fungsikan dan kita tambahkan pada blog kita. Kotak Penelusuran yang disponsori Google ini hampir mirip dengan Google Search “biasa” namun lebih difokuskan kepada blog. Dengan demikian, bisa saja suatu keyword yang tidak kita temukan pada Google Search “biasa” akan kita temukan pada daftar penelusuran blog ini. Bingung ya? Sama, dong, saya juga bingung menjelaskannya.

PENGERTIAN, KEGUNAAN, & KELEBIHAN WIDGET KOTAK PENELUSURAN BLOG

Seperti yang telah dijelaskan pada alinea pertama, Kotak Penelusuran Blog adalah satu widget yang disediakan oleh Blogger dan disponsori oleh Google yang dapat digunakan untuk menelusuri postingan tertentu atau keseluruhan blog yang ada di internet yang tidak hanya blog yang “disponsori” oleh Blogger saja.

Kotak Penelusuran akan mengindeks seluruh blog menurut feed situsnya dan akan akan memeriksa konten baru secara rutin. Dengan demikian, hasil Penelusuran Blog untuk blog tertentu akan memperbarui konten baru lebih cepat dibandingkan Google Search “biasa”.
Karena data telah terstruktur dalam feed situs, Kotak Penelusuran Blog ini akan menemukan postingan dengan rentang tanggal tertentu dapat ditemukan dengan keakuratan yang lebih tinggi.

Kelebihan lainnya adalah mampu mencari blog dengan bahasa tertentu dari 35 bahasan yang ada.

Hasil penelusurannya akan dituangkan ke dalam masing-masing lingkungan pencarian, misalnya hasil pencarian dari Current Blog, Link Dari Situs Ini, Web, Fav Link, Blogroll di mana masing-masing lingkungan pencarian akan dituangkan ke dalam tab menu dan ini memudahkan kita untuk berpindah antar lingkungan pencarian tersebut.

MEMASANG KOTAK PENELUSURAN BLOG PADA BLOG

Sepertinya tidak perlu panjang lebar untuk menguraikan tentang penelusuran blog ini. Yang penting bagaimana cara menambahkan widget ini pada blog kita.

Pertama, login ke http://draft.blogger.com hingga masuk Dasbor >> Tata Letak >> Tambah Gadget >> pilih Kotak Penelusuran, seperti di bawah ini.

Kedua, kemudian klik “Kotak Penelusuran” hingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

Ketiga, isi judul dan memilih tab menu yang ingin ditampilkan.

Judul >> dapat kita isi sesuka kita

Centangi untuk tab menu yang ingin ditampilkan, kita dapat memilih beberapa saja atau semuanya.

Keempat, Simpan Perubahan
Kelima, selesai
Coba, sekarang refresh blog kita dan pastikan widget Kotak Penelusuran telah terpasang di side bar blog. Kemudian cobalah untuk mencari dengan keyword tertentu dilanjutkan dengan mengklik Cari maka dengan seketika akan ditampilkan hasil penelusuran di area postingan blog. Kita dapat berpindah-pindah dari satu tab yang satu ke tab yang lain dengan cepat dan mudah.
Untuk melihat contohnya, silakan kunjungi Bisnis Internet.

Selamat Mencoba!!