Kustomasi Kursor Mouse Pada Teks Tertentu Pada Postingan : Ketika sebuah kursor mouse didekatkan kepada suatu objek atau teks maka bentuk kursor akan berubah sesuai dengan “sifat” objek atau teks tersebut. Jika objek atau teks tersebut merupakan suatu link maka bentuk kursor akan berubah menjadi seperti tangan dan apabila hanya objek atau teks biasa maka bentuk kursornya akan berubah menjadi seperti huruf i kapital ( I ).

Dengan tips berikut ini, kita dapat mengkustomasi kursor mouse sesuai dengan selera kita masing-masing. Artinya, walaupun suatu teks bukan merupakan suatu link namun kita dapat menjadikan bentuk kursor menjadi seperti sebuah link ketika melewati teks tersebut, yaitu seperti bentuk tangan.

Seperti kita ketahui bahwa ada 7 (tujuh) bentuk kursor yaitu, pointer (hand), crosshair, text, wait, move, help, and resize, masing-masing direpresentasikan seperti gambar di bawah ini.

Nah, bagaimana cara untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kursor tersebut ke dalam postingan atau ke dalam tag yang lain? Berikut ini formatnya.

<span style=”cursor: tipe_kursor;”> Teks

Pilihan bentuk/tipe kursornya adalah sebagai berikut.

“cursor:pointer”
“cursor:crosshair”
“cursor:text”
“cursor:wait”
“cursor:move”
“cursor:help”
“cursor:n-resize”
“cursor:s-resize”
“cursor:e-resize”
“cursor:w-resize”
“cursor:ne-resize”
“cursor:nw-resize”
“cursor:se-resize”
“cursor:sw-resize”

Keterangan

n = north
s = south
e = east
w = west
ne = north east
nw = north west
se = south east
sw = sout west

Contoh penggunaan

<span style="cursor: pointer;”> Contoh penggunaan kustomasi bentuk kursor

Dengan contoh tersebut, ketika sebuah mouse melewati (mendekati) tulisan “Contoh penggunaan kustomasi bentuk kursor” maka mouse akan berubah menjadi seperti bentuk tangan, seperti contoh di bawah ini. Coba dekatkan mouse ke teks di bawah ini!!

Contoh penggunaan kustomasi bentuk kursor

Selamat Mencoba!!

Lebih lanjut tentang kursor ini dapat dilihat pada postingan “Merubah image atau tampilan kursor pada blog” dan Mengkustomasi Tampilan Kursor Pada Bodi Postingan.
(referensi : dynamicdrive)