Cara Mengetahui Blog Do Follow atau No Follow : Pada postingan yang lalu, telah dijelaskan cara membuat blog menjadi do follow beserta keuntungan dan kerugian masing-masing. Nah, sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana cara mengetahui apakah suatu blog menganut do follow atau no follow. Masalahnya adalah tidak semua blog yang menganut do follow memasang tulisan/banner yang intinya memberitahukan kepada pengunjung bahwa blog mereka adalah do follow. Nah, untuk mengetahuinya, silakan ikuti tipsnya bersama Tips dan Trik Blog berikut ini.

Setelah, melakukan “perjalanan” ke sana ke mari, akhirnya saya menemukan setidaknya tiga cara untuk mengetahui status blog apakah menganut paham do follow atau pun no follow.

Cara Pertama

Setelah membuka blog yang ingin kita ketahui statusnya (do follow atau no follow), langsung saja kita buka salah satu postingan (artikel) yang sudah mempunyai komentar. Kemudian langkah selanjutnya, kita lihat “source code”nya dengan cara sebagai berikut. Bagi yang menggunakan browser Firefox, klik menu Tampilan >> Kode Sumber Halaman. Sedangkan bagi pengguna Internet Explorer klik menu View >> Source.

Setelah itu akan muncul halaman baru yang berisi source code berupa kode HTML. Kemudian silakan menuju ke bagian komentar, kemudian cari salah satu dari pemberi komentar yang ada. Untuk mempermudah pencarian, kita dapat menggunakan Ctrl + F (Firefox).

Jika blog tersebut menganut “nofollow” maka kita akan mendapati kode komentar dengan format sebagai berikut.

<a href=’URL pemberi komentar/' rel=’nofollow’>Nama Pemberi Komentar

Contohnya dapat kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Sebaliknya, jika blog tersebut menganut paham do follow, kita akan mendapati kode komentar dengan format sebagai berikut tanpa diikuti oleh rel=’nofollow’.

NamaPemberiKomentar

Contohnya dapat kita lihat pada screenshot di bawah ini (yang bergaris bawah).

Cara Kedua

Cara yang kedua ini menurut saya merupakan cara yang paling mudah dan praktis. Kita hanya perlu membuka salah satu postingan (artikel) yang telah mempunyai komentar dari suatu blog. Gulung hingga ke bagian komentar, klik kanan pada salah satu nama pemberi komentar, kemudian pilih properties sehingga akan muncul jendela properti elemen (element properties). Jika blog tersebut menganut paham no follow, maka kita akan mendapati nilai relation “external nofollow” atau “nofollow” saja dan sedangkan pada blog do follow, kita akan mendapati relation “external” atau kosong.

Ini contoh screenshot jika blog tersebut “beraliran” nofollow.

Cara Ketiga

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan eksternal plugin Search Status yang dapat diinstall pada browser Firefox. Untuk mendownloadnya & menginstallnya, silakan klik Search Status ini. Setelah penginstallan selesai, biasanya kita diminta untuk melakukan restart Firefox. Jika penginstallan ini sukses maka kita akan mendapati icon Quirk Search Status yang berada di sebelah kanan bawah.

Untuk mengaktifkan fasilitas pendektesian blog no follow, lakukan klik kanan pada icon tersebut kemudian pilih “Highlight Nofollow Links”, seperti di bawah ini.

Dengan pengaktifan tersebut maka setiap kali kita membuka blog atau situs yang menganut “paham” no follow maka fasilitas Quirk Search Status ini akan memberi tanda dengan warna merah bergaris putus-putus.

Akhirnya, saya mengucapkan selamat berburu blog do follow!!

(Daftar bacaan : Zalukhu.com, hardono.melesat.com)

Baca juga yang ini.

Membuat Blog Menjadi Do Follow
Membuat Readmore Versi Kedua
Tips Trik Windows XP
Tips Trik Bisnis Internet