Membuat Blog Menjadi Do Follow : Sebelum berbicara tentang do follow, Tips Trik Blog akan memberikan pengertian no follow suatu blog atau situs. Pengertian no follow menurut wikipedia adalah seperti di bawah ini.

Nofollow is an HTML attribute value used to instruct some search engines that a hyperlink should not influence the link target’s ranking in the search engine’s index. It is intended to reduce the effectiveness of certain types of search engine spam, thereby improving the quality of search engine results and preventing spamdexing from occurring.

Terjemahan bebasnya adalah sebagai berikut.

no follow adalah atribut HTML yang digunakan untuk menginstruksikan beberapa search engine untuk tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi spam sehingga akan meningkatkan kualitas hasil pencarian dari suatu search engine dan juga mencegah search engine salah mengindeks spam yang memungkinkan menduduki peringkat tertinggi pada suatu keyword tertentu.

Dengan pengertian tersebut, maka ketika memberikan komentar pada blog/situs yang berPR tinggi, kita tidak akan mendapatkan backlink yang dapat meningkatkan peringkat blog/situs kita.

PENGERTIAN DO FOLLOW

Pengertian do follow merupakan kebalikan dari pengertian no follow di atas. Dengan demikian, dengan menjadikan blog menjadi Do follow akan menciptakan backlink secara otomatis dari beberapa buah komentar yang masuk ke postingan dari suatu blog.

Riilnya….

Ketika kita memberikan komentar pada artikel/postingan dari suatu blog/situs yang berPR tinggi maka secara otomatis kita akan mendapatkan backlink dari blog tersebut dan ini dapat memberikan efek pada peningkatan rangking blog kita secara signifikan.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DO FOLLOW

Dengan menjadikan blog kita do follow akan memberikan keuntungan kedua belah pihak (si pemilik blog dan si komentator). Si pemilik blog akan dapat memperoleh banyak pengunjung karena blog do follow banyak dicari para blogger (si komentator) untuk mendapatkan backlink secara otomatis dari komentar yang diberikan.

Namun di sisi lain, ada juga kerugian yang mungkin dialami oleh penganut do follow ini. Blog dengan setting do follow sangat di benci oleh search engine Mbah Google. Efek selanjutnya bisa ditebak, bahwa blog kita akan “disingkirkan” dan mungkin menjadikan hanya beberapa halaman saja atau bahkan semua halaman dari blog kita menjadi tidak terindeks sama sekali oleh Google. Efek selanjutnya adalah blog kita akan sepi pengunjung dan jika sudah demikian akan menjadikan PR blog menjadi rendah.

.
Selain itu, setting Do Follow dapat mendatangkan permasalahan “spamming” karena biasanya blog do follow ini sangat disukai oleh para spammer untuk tujuan-tujuan tertentu yang jelas akan berakibat buruk terhadap blog kita. Oleh karena itu, blog do follow ini juga beresiko menjadi SPLOGS, yaitu sebuah blog yang menjadi host dari spam comment yang bertujuan untuk kepentingan memanipulasi Page Rank atau tujuan-tujuan lainnya, seperti Google Bomb.

KESIMPULAN

Pada akhirnya kita serahkan kepada blogger masing-masing untuk menjadikan blog mereka menjadi do follow atau membiarkan settingan default, no follow. Saya sendiri menjadi bingung setelah mengetahui keuntungan maupun kerugiannya. Saya hanya dapat memberikan sedikit gambaran, seperti di bawah ini.

Jika kita mempunyai blog yang sudah berperingkat tinggi, settingan do follow ini hampir tidak memberikan pengaruh apa-apa. Toh, tanpa men-setting do follow, blog tersebut biasanya sudah ramai pengunjung karena sudah dikenal Google atau search engine lainnya. Keuntungannya, kita akan mendapatkan banyak “pahala” karena memberikan kesempatan para komentator untuk mendapatkan backlink gratis dan otomatis.

Jika kita mempunyai blog dengan peringkat rendah, settingan do follow ini mungkin akan menolong blog tersebut dalam rangka meningkatkan traffic atau peringkatnya karena seperti yang telah dikemukakan sebelumnya blog dengan settingan do follow sangat disukai blogger.


MENJADIKAN BLOG DO FOLLOW

Secara default, Blogspot menganut “paham” no follow dan jika kita menginginkan, kita dapat mengubah settingannya menjadi do follow. Untuk merubah settingan menjadi do follow, ada dua “sesi” yang dapat/harus dihapus. Langsung saja kita ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah untuk menjadikan blog do follow adalah sebagai berikut.

Pertama, login ke http://blogger.com hingga masuk Dasbor >> Tata Letak (layout) >> Edit HTML

Kedua, centangi “Expand Template Widget

Ketiga, temukan kode pada kolom komentar, seperti di bawah ini.




<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel=’nofollow’>

Keempat, hapus kode yang berwarna merah tersebut.

Kelima, menghapus atribut rel=”nofollow” pada kolom backlink. Penghapusan atribut yang ini hukumnya tidak wajib, artinya kita boleh membiarkan no follow. Backlink/trackback adalah kolom yang disediakan untuk membuat track jika ada blogger yang ingin melakukan link terhadap postingan kita.