Membuat Banner Dengan Banner Break : Bagi yang sering “bergelut” dalam dunia per-blog-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan banner ini karena hampir semua blog yang ada telah “ditempeli” dengan banner oleh pemilik/pengelolanya. Di dalam dunia per-blog-an, pengertian banner tidak berbeda dengan pengertian banner dalam dunia “nyata” terutama dari sisi fungsinya, yang berbeda hanya terletak pada media dan segmen pasar yang dibidik.

Menurut pengertian yang saya kutip di Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, Banner adalah salah satu bagian dari halaman web yang berisi iklan yang biasanya memiliki standar ukuran dalam bentuk pixels. Banner dapat berupa tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya yang biasanya difungsikan sebagai sarana yang memberikan informasi kepada para pengunjung blog atau bahkan dapat digunakan sebagai sarana promosi/iklan dan apabila pengunjung mengkliknya maka pengunjung akan dibawa ke situs/blog tertentu.

Sebenarnya Tips dan Trik Blog juga pernah memposting seputar pembuatan banner yaitu dengan menggunakan layanan dari Cooltext. Di mana dengan layanan tersebut, kita dapat membuat banner secara online yang mudah dan cepat.

Nah, dengan postingan ini, saya berharap dapat melengkapi postingan seputar pembuatan banner yang sebelumnya. Dengan demikian, jika kita tidak/belum puas dengan layanan sebelumnya dapat “terobati” dengan layanan yang akan kita bahas kali ini.

Seperti kita tahu bahwa layanan serupa juga dapat kita temui di internet dengan mudah. Dengan menanyakan pada “Mbah Google” maka kita akan dengan cepat menemukannya.

Nah, salah satu layanan gratis yang menyediakan pembuatan banner secara online ini adalah Banner Break. Dengan layanan ini, kita yang merasa kesulitan atau tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membuat banner, tidak perlu kuatir karena kita hanya perlu menyisihkan sedikit waktu saja maka banner yang kita inginkan sudah siap untuk digunakan. Satu hal lagi, untuk menggunakan fasilitas Banner Break ini, kita tidak “wajib” untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama, masuk ke http://bannerbreak.com/ hingga kita akan mendapati halaman banner break, di mana kita akan dapat menemukan banyak template banner yang dapat kita pilih sesuai selera.

Kedua, jika kurang puas dengan template yang ada, kita dapat mengklik “more >>” sehingga akan terbuka banyak template.

Ketiga, klik salah satu template yang kita sukai. Sebagai contoh, saya pilih (klik) template “Love”.

Keempat, setelah itu, kita akan mendapati jendela di mana kita dapat melakukan kustomasi/pengaturan sesuai keinginan/kebutuhan masing-masing, antara lain : banner background, Text Font (jenis huruf), text size (ukuran huruf), text angle (sudut kemiringan teks), shadow color (warna bayangan), dan lain-lain.

Kelima, untuk melihat hasilnya, klik buton Generate yang ada di bagian bawah. Untuk mengembalikan seperti sebelumnya, klik buton Reset. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita dapat mencoba-coba dengan melakukan kustomasi sendiri.

Keenam, lakukan penyimpanan banner tersebut pada computer local, dengan cara klik kanan pada banner yang sudah jadi kemudian pilih save image as kemudian arahkan pada folder di PC kita kemudian upload ke blog kita. Atau juga dapat mencopy kode html yang ada di sebelah kanan.

Ketujuh, selesai dan sekarang pastikan kita telah mempunyai banner yang “asyik punya”

Contoh hasilnya seperti di bawah ini.

Selamat Mencoba!!

Baca juga yang ini.

  1. Membuat Banner Secara Online
  2. Menghilangkan Angka Pada Arsip
  3. Deklarasi Link Teks
  4. Tips Trik Komputer
  5. Tips Trik Windows XP
  6. Tips Menghubungkan Dua Komputer
  7. Tips Membuat Shurtcut Untuk Shutdown