Tips Memasang Google Terjemahan Pada Blog. Walaupun berbahasa Indonesia, jika kita kelola dengan serius, blog kita dapat juga menjadi popular dan jika sudah demikian maka tidak menutup kemungkinan blog tersebut akan dikunjungi dan dibaca oleh pengunjung yang bukan berasal dari Indonesia saja. Di sisi lain, pengunjung yang berasal dari luar Indonesia tersebut kebanyakan tidak bisa memahami bahasa Indonesia dengan baik. Nah, untuk menjembatani hal ini, kita dapat memasang tool layanan Google Terjemahan pada blog atau situs kita sehingga pengunjung yang tidak mengerti bahasa yang digunakan dalam blog tertentu dapat dengan mudah memahami isi postingannya dengan hanya menekan klik pada tool terjemahan yang kita pasang tersebut.

Walapun masih terdapat kesalahan di sana-sini, seperti grammar dan juga penterjemahan kota-kota di dunia, namun hal ini akan lebih sedikit membantu mempermudah dalam memahami isi situs atau blog dari berbagai bahasa di dunia yang didukung oleh Google Terjemahan yang masih beta ini.

Layanan Google Terjemahan

Google Terjemahan Beta ini memberikan dua layanan terjemahan, yaitu layanan terjemahan untuk teks dan layanan terjemahan untuk halaman blog atau website.

Untuk menggunakan layanan yang pertama, silakan masuk halaman situs http://translate.google.com/.

Coba ketikkan atau pastekan beberapa paragraph pada kolom teks asli kemudian klik terjemahkan maka dalam hitungan detik hasilnya akan terlihat di samping kanan.

Untuk layanan yang kedua, layanan terjemahan halaman websites, silakan masuk halaman http://translate.google.com/ seperti screenshot di bawah ini.

Kemudian isikan alamat URL dari blog atau website yang ingin kita terjemahkan dilanjutkan dengan menekan “terjemahkan” dan dalam waktu yang tidak begitu lama akan ditampilkan blog atau website hasil terjemahan.

Asyik, kan!!

Memasang Google Terjemahan Pada Blog

Untuk memasang Google Terjemahan pada blog adalah sebagai berikut.

1. Masuk halaman http://translate.google.com/

2. Kemudian masuk menu Peralatan hingga tampilannya menjadi seperti di bawah ini.

3. Kemudian pilih bahasa Indonesia

4. Kemudian copy kode html yang diberikan pada widget atau gadget blog Anda.

Kodenya seperti di bawah ini.

<script src="http://www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://www.google.com/ig/modules/translatemypage.xml&up_source_language=id&w=160&h=60&title=&border=&output=js”>

Jika menghendaki, kita dapat merubah lebar dan tinggi dengan merubah angka merah pada kode di atas sesuai dengan lebar gadget blog kita.

5. Selesai.

Jika berhasil (Insya Allah berhasil lah) maka hasilnya seperti di bawah ini di mana saya lakukan kustomasi untuk lebar menjadi 200 dan tinggi menjadi 80.

Bagi yang belum memasang, selamat mencoba, ya!!

Baca juga yang ini.

  1. Tips Mendulang Rupiah dari Kumpulblogger.com
  2. Tips Mendulang Rupiah dari Reviewmu.com
  3. Tips Membuat Footer Multi Kolom
  4. Tips Penomoran Pada Blog