Mungkin Anda seringkali menjumpai tulisan, script, atau kode dengan highlight atau dengan tampilan background yang berbeda dari lainnya yang bertujuan untuk memperjelas atau memberi tekanan pada tulisan tersebut. Jika menginginkan, Anda dapat mengikuti tips membuat highlight tulisan, script, kode pada postingan berikut ini bersama Tips dan Trik Blogspot.

Selama ini, dalam memberikan highlight pada tulisan/script tertentu, Tips dan Trik Blog menggunakan cara manual, misalnya seperti pada postingan di sini. Sebenarnya tips yang akan saya kemukakan ini hampir sama dengan cara yang saya lakukan selama ini namun penulisannya lebih praktis.

Berikut langkah-langkahnya Tips Highlight Tulisan/Script/Kode Pada Postingan sebagai berikut.

1. Login ke http://blogger.com hingga masuk Dasbor

2. Klik Tata Letak (layout)

3. Klik Edit HTML

4. Kemudian cari dan temukan kode ]]>

5. Kemudian letakkan script di bawah ini sebelum kode ]]>

.alert { background: #DDE4FF;
text-align: left;
padding: 5px 5px 5px 5px;
border-top: 1px dotted #223344;border-bottom: 1px dotted #223344;border-left: 1px dotted #223344;border-right: 1px dotted #223344;}

Keterangan

Kode yang berwarna biru adalah kode html untuk warna background yang dapat Anda ganti sesuai dengan kehendak kita. Kode html untuk warna dapat dilihat di sini.

Satuan dalam px (pixel) dapat Anda ganti sesuai dengan kehendak kita, semakin besar nilai px-nya, semakin besar pula hasilnya (dalam contoh ini garisnya).

6. Kemudian Simpan Template

7. Ketika posting, apit tulisan/script/kode yang ingin kita diberikan highlight dengan

dan

8. Selesai

(sumber : Trick Tips Blogging)

Baca juga yang ini.