Adalah suatu kebanggaan tersendiri apabila kita mempunyai blog atau situs yang berperingkat tinggi. Dan jika ingin “memamerkan” kepada pengunjung, tidak akan ngisin-isini (memalukan). Nah, salah satu widget yang menyediakan peringkat rank adalah http://www.alexa.com. Tips menampilkan peringkat alexa dapat diikuti berikut ini nanti.

Salah satu kegunaan riil peringkat alexa ini adalah jika kita mengikuti PPC (Paid Per Click), seperti ppcindo.com, di mana program ppc ini mensyaratkan suatu blog atau situs berperingkat tertentu sesuai dengan klasifikasi ads (iklan) yang diatur oleh ppc tersebut.

Dengan menampilkan peringkat alexa tersebut pada blog, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk membuka situs http://www.alexa.com hanya untuk mengetahui peringkat alexa tersebut dan ini dapat menyita banyak waktu.

Langsung saja, kita ikuti langkah-langkahnya, sebagai berikut.

1. Masuk ke http://www.alexa.com

2. Klik Widget di bawah Develover’s Corner

3. Kemudian Anda akan mendapatkan tiga opsi widget yang dapat Anda pilih salah satu atau ketiga-tiganya, yaitu Alexa Traffic Graph, Alexa Site Stats Buton, dan Alexa Traffic Rank Buton.

Misalkan Anda ingin menampilkan Alexa Site Stats Buton, maka Anda tinggal ketikkkan URL blog Anda kemudian klik Build Widget, seperti di bawah ini.

4. Kemudian Anda akan diberikan kode htmlnya, untuk masing-masing ukuran yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

5. Kemudian copy dan pastekan di gadget pada blog Anda.

6. Hasilnya, masing-masing ukuran seperti di bawah ini.

Selamat Mencoba!!