Sekarang ini banyak perusahaan credit cards yang menawarkan kartu kredit kepada calon konsumennya dengan sangat gencar. Mereka saling memperebutkan calon konsumen dengan memberikan iming-iming berupa kemudahan-kemudahan serta fasilitas semakin memanjakan calon konsumen, seperti free annual fee, gratis asuransi kecelakaan diri, atau bonus point reward lainnya yang semua itu dalam rangka memikat Anda untuk menjadi konsumennya.

Namun dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan justru membuat kita harus pandai memilihnya jika tidak ingin terjerat oleh bujuk rayu pihak penerbit yang sebenarnya hanya ingin uang Anda tersebut. Oleh karena itu, sebelum benar-benar menentukan pilihan atas suatu kartu kredit, sebaiknya disimak tips-tips berikut ini yang dapat digunakan sebagai panduan. Yang utama adalah membaca semua hal atau klausul yang dituangkan dalam perjanjian dengan seksama dan teliti dan mewaspadai kalimat promosi yang biasanya membuat kita terlena.

Pertama, seperti pre-paid debit cards pada umumnya , pilihlah business credit cards yang memiliki jaringan otorisasi yang luas dan diakui seluruh dunia. Untuk ini, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan perusahaan penerbit yang mempunyai nama besar. Kedua, pilih low interest credit card, berupa esarnya iuran atau annual fee dan suku bunga kartu kredit. Pastikan Anda memilih dengan syarat tersebut namun memberikan kelengkapan fasilitas. Anda tidak boleh tergiur dengan program promosi yang menggratiskan annual fee karena tidak selamanya program-pogram seperti ini akan terus berlangsung.

Ketiga, yang perlu Anda pertimbangkan adalah service atau layanan. Carilah perusahaan yang memberikan pelayanan secara lengkap, seperti layanan informasi, pengaduan, penyelesaian masalah dan kemudahan pembayaran, informasi jumlah tagihan, pemblokiran kartu dan rincian pembayaran. Keempat, pertimbangkan masalah fasilitas keamanan dari risiko kejahatan kartu kredit dan risiko keuangan lainya. Untuk ini, tidak ada salahnya untuk memilih kartu kredit yang memiliki fasilitas photocard dan digital.

Kelima, Pastikan Anda memilih kartu kredit yang dilengkapi dengan fasilitas asuransi perjalanan, asuransi ketidaknyamanan perjalanan, asuransi pembelian barang dan credit shield, dengan demikian Anda akan terhindar akan resiko keuangan sehubungan dengan pemakaian kartu kredit.