Sekarang ini, memiliki sebuah situs atau website bukanlah hal yang istimewa dan sulit. Tanpa harus mempunyai keahlian khusus, cukup menambah sedikit pengetahuan tentang komputer yang Anda miiliki sekarang dan sedikit bahasa html maka kita sudah dapat memiliki sebuah homepage atau website sendiri.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di seluruh dunia termasuk Indonesia makin banyak orang yang mempunyai homepage atau website sendiri. Mulai dari karyawan, pegawai negeri, pengajar, pengusaha, hingga pedagang telah memilikinya. Mereka mempunyai kepentingan lain-lain sesuai dengan misi mereka masing-masing.

Satu hal yang pasti, walaupun bukan hal yang istimewa lagi namun bagi sebagian orang, mungkin memiliki homepage atau website ini adalah sesuatu yang masih diidam-idamkan dan belum terlaksana hingga sekarang karena berbagai hal dan sebab. Oleh karena itu, bagi yang belum memiliki, dapat dimulai dari sekarang juga.

Mungkin pertanyaan pertama yang ada di benak kita adalah bagaimana cara menampilkan website sendiri di internet? Bagi yang belum tahu, hal ini memang sangat mengganggu pikiran mereka. Ternyata, langkah-langkahnya cukup mudah dan seperti yang telah dikemukakan di depan bahwa tidak ada yang sulit untuk mewujudkan hal ini.

Ada beberapa langkah atau tahapan yang harus kita lalui. Pertama adalah belajar bahasa HTML yaitu sebuah “bahasa program” yang memungkinkan kita membuat halaman web yang bisa ditampilkan dalam browser, seperti Internet Explorer, Netscape, Opera, Firefox. Setelah itu, kita harus membuat rancangan desain dan isi website yang hendak kita buat yang kemudian dituangkan dalam bentuk halaman-halaman web yang terpadu dan terorganisasir dengan baik.

Langkah kedua adalah mendaftarkan website kita pada web hosting. Jika Anda kurang mengerti tentang hal ini, Anda dapat mengikuti web hosting tutorials yang dapat menambah pengetahuan tentang web hosting dan semacamnya. Setelah Anda daftarkan pada web hosting, maka website Anda akan terpasang di internet dan dapat diakses oleh netter dengan browser masing-masing.

Namun yang perlu diperhatikan dalam pendaftaran pada website pada web hosting adalah Anda harus memilih web hosting rating yang memiliki performance yang baik, seperti servis yang stabil, harga yang pantas atau sesuai, juga costumer yang friendly. Sebagai bahan referensi, Anda dapat mengunjungi web hosting awards di mana Anda akan mendapatkan gambaran tentang servis web hosting yang memiliki kinerja dan pengalaman yang bagus dan handal. Oleh karena itu, untuk dukungan website Anda, pastikan Anda tidak salah pilih web hosting.