Pada bagian pertama postingan ini, di sini, telah dijelaskan cara menaruh code html widget HISTATS. Pada bagian kedua ini, TIPS DAN TRIK BLOG akan mengeksplorasi statistik pengunjung yang dapat dilakukan dengan HISTATS ini. Di antaranya adalah kita dapat mengetahui keyword apa saja yang banyak digunakan oleh pengunjung sehingga dapat mengetahui blog kita.

  • Untuk mengetahui, Keyword yang banyak digunakan (diketikkan) pengunjung pada search engine sehingga mereka dapat mengetahui blog kita adalah dengan cara sebagai berikut.

Login ke http://www.histats.com/

Kemudian masuk Control Panel >> Referer >> From search engine >> kemudian Anda dapat memilih harian atau bulanan.

Misalnya saja kita pilih bulan Juli 2008 (atau bisa juga bulan-bulan yang lainnya) maka dalam waktu sekejab, Anda akan dapat mengetahui keyword-keyword yang banyak digunakan pengunjung selama bulan Juli 2008 ini.

Berikut ini adalah sebagian screen shot dari statistic blog ini.

Dari data di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa keyword yang banyak digunakan pengunjung TIPS DAN TRIK BLOG selama bulan Juli 2008 (10 rangking pertama) adalah trik blog, tips dan trik blog, tips trik blog, status ym dib log, tips, tip dan trik blog, tips-trik blog, tips dan trik blogspot, code kalender untuk, tips-trik-blog.

Dari statistik ini juga dijabarkan jumlah pengunjung selama bulan Juli 2008 adalah sebesar 1.192 dan 490 (41%) diantaranya datang ke blog ini melalui search engine. Artinya bahwa blog ini sudah lumayan di kenal, he he.

  • Eksplorasi yang lain, Anda dapat mengetahui pengunjung yang datang dari link/website lain. Caranya masuk menu Control Panel >> Referer >> From Website dengan hasil sebagai berikut, di mana :

Jumlah pengunjung selama bulan Juli 2008 adalah 1.192 dan 252 (21%) diantaranya berasal atau datang dari link/website lain.

Berikut screenshot sebagian statistik blog ini tentang link/website yang datang ke blog ini.

Dari statistik di atas, pengunjung yang datang ke blog ini dari/melalui link/website lain, yaitu antara lain (10 rangking pertama) :

  1. http://garis-lurus.blogspot.com,
  2. http://gossipdunia.blogspot.com,
  3. www.ilivetodesign.com ,
  4. http://annesahelmihasballah.blogspot.com,
  5. http://www4shoutmix.com,
  6. http://blogmenjerit.com,
  7. http://onoid.blogspot.com,
  8. http://vicaluna.blogspot.com,
  9. http://ceplas-ceplos.blogspot.com, dan
  10. http://www.sponsoredreviews.com.

  • Eksplorasi lainnya, Anda dapat mengetahui search engine apa saja yang digunakan oleh para pengunjung blog kita.

Masuk Control Panel >> Referer >> Search Engine Trend >> hingga kita akan diberikan data tentang semua search engine yang digunakan oleh pengunjung.

Dari statistic di atas, kita dapat mengetahui ada 4 (empat) search engine yang digunakan oleh pengunjung dalam menemukan blog ini, dengan urutan google, yahoo, altavista, dan netscape.

  • Eksplorasi lainnya adalah Anda dapat mengetahui negara atau kota asal para pengunjung blog.

Masuk Control Panel >> Visitor >> Geolocation >> maka dalam sekejab, Anda sudah dapat mengetahui negara asal pengunjung blog kita, tampilannya sebagai berikut. (Untuk mengetahui kota asal pengunjung, klik pada menu city yang ada pada sebelah menu country.

Dan masih banyak yang dapat kita eksplorasi dari menu traffic, menu visitors, atau menu Special. Silakan dicoba sendiri, ya!!

Jangan lupa kunjungi bisnis internet untuk mendulang dollar gratis dari internet.