Di satu sisi, image dan/atau accessories diperlukan untuk membuat suatu blog atau website menjadi menarik dan estetik. Di sisi lain, semakin banyak image dan accessories akan membuat berat jika blog atau website tersebut dibuka. Yang baik adalah bagaimana membuat blog atau website tersebut tetap menarik dengan image atau accessories yang ada namun dapat diload dengan cepat atau ringan.

Blog atau website yang berat akan membuat para netter bosan menunggu dan enggan untuk kembali. Jika sudah demikian hal tersebut akan berimbas kepada traffic blog atau website Anda yang pada giliran selanjutnya page rank blog atau website Anda akan turun.

Untuk itu, jangan biarkan hal tersebut menimpa Anda, cek seberapa berat blog atau website Anda. Sehubungan dengan hal tersebut, sekarang, Anda dapat mengeceknya melalui layanan gratis untuk mengetahui seberapa blog atau website Anda.

Untuk dapat menggunakan layanan tersebut, kunjungi http://www.iwebtool.com/. Setelah masuk pada home page-nya, pilih menu Website Speed Test.

Di situ, Anda dapat memasukkan sampai dengan 10 blog atau website. Tekan buton Check, maka dalam waktu yang tidak lama, Anda akan mendapati hasilnya. Saya mencoba mengecek 5 blog saya dengan hasil seperti di bawah ini.

Dari hasil tersebut, dapat kita ambil kesimpulan bahwa suatu blog atau website dikatakan berat apabila hasil average speed per kb semakin tinggi dan sebaliknya, dikatakan ringan apabila hasil average speed per kb-nya rendah.

Dengan demikian, tidak adil kita mengatakan berat tidaknya blog hanya dengan melihat waktu loadingnya (load time) saja. Artinya, walaupun average speed per kb rendah namun jika size blog besar maka waktu loading (load time) yang diperlukan akan menjadi lama.

Jika menginginkan, Anda dapat menampilkan layanan tersebut pada blog atau website kita dengan melakukan copy paste code html yang diberikan, dengan memilih menu Add this tool on your website. Code html-nya seperti di sini.

  • Login ke blogger.com hingga masuk Kontrol Panel

  • Pilih Tata Letak (Layout)

  • Kemudian Tambah Elemen Halaman

  • Kemudian Tambahkan HTML/Javascript

  • Kemudian pastekan html code (seperti di atas)

  • Kemudian Simpan Perubahan

Hasilnya seperti di bawah ini.

Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)

(eg. iwebtool.com)

<o:p></o:p></p> <p class=”MsoNormal” style=”text-align: justify;”>

function validate(theform) {

if (theform.domain.value == “”) { alert(“No domain provided”); return false; }

return true;

}

Powered by iWEBTOOL