Sebuah computer ibarat tubuh di mana bagian-bagian yang ada di dalamnya harus berfungsi semua sesuai dengan fungsi masing-masing. Computer biasanya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), Keyboard, mouse, juga monitor. CPU sendiri di dalamnya terdiri banyak komponen di mana semuanya saling dibutuhkan. Satu komponen yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya akan menyebabkan komponen lain bermasalah atau tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Bagian-bagian yang ada di dalam Central Processing Unit terdiri dari, Motherboard yang biasanya dikenal dengan MOBO, atau ada yang meyebutnya sebagai MainBoard karena di sinilah pusat semua komponen “berinteraksi” satu sama lain. Tanpa komponen ini, sebuah Central Processing Unit tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya. Kemudian komponen berikutnya adalah hardisk, yaitu peripheral yang berfungsi untuk menyimpan semua konfigurasi juga data secara permanent walaupun CPU dimatikan sekali pun.

Kemudian sarana penyimpanan yang lain adalah 8gb memory upgrades atau juga dikenal dengan RAM yaitu kepanjangan dari Random Access Memory. Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data dan konfigurasi system secara random. Setelah computer dimatikan semua data dan konfigurasi yang dilakukan akan hilang. Periferal ini pun vital sekali karena tanpa RAM, sebuah computer tidak bisa booting apalagi untuk menjalankan sebuah program.

RAM mempunyai banyak kaki yang disebut finger, dan finger ini sangat rentan terhadap zat kimia juga debu atau kotoran lainnya. Jika kita sentuh dengan tangan berkeringat misalnya dapat membuat finger-fingernya berhubungan pendek dan akan terjadi konsleting dan jika sudah demikian maka dapat dipastikan peripheral ini tidak akan berfungsi dengan baik, bisa saja suatu saat berfungsi dengan baik dan pada saat yang lain bisa saja tidak akan berfungsi sama sekali.

Untuk mengatasi hal itu terjadi, melakukan perawatan 2gb memory Upgrade memory atau RAM adalah langkah bijak yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya error pada saat melakukan fungsinya. Untuk merawat memory sebenarnya sederhana dan mudah saja dan tidak memerlukan biaya yang banyak, yang diperlukan hanya menyisihkan waktu untuk melakukannya. Setelah computer dimatikan, kemudian buka pengait dan skrup yang ada kemudian lakukan pelepasan module 4GB Memory Upgrade dari pengancingnya. Setelah itu pakai sikat lembut untuk membersihkan socketnya. Atau memungkinkan pakailan penyedot debu untuk membuat debu keluar dari sarangnya. Modulenya bersihkan dengan sikat kering dan halus dengan hati-hati. Jangan sentuh finger-fingernya dengan tangan.