Postingan kali ini masih juga berhubungan tentang Poll widget yang juga free (gratis) dari http://www.polldaddy.com/ karena poll widget pada postingan terdahulu sepertinya bermasalah. Setidaknya hal ini saya ketahui setelah saya pasang beberapa hari di blog ini, opsinya tidak bisa diakses sama sekali. Oleh karena itu, perkenankan Tips dan Trik Blog untuk mengetengahkan postingan tentang poll widget (widget untuk pooling pengunjung) lagi namun dari layanan yang berbeda. Semoga bermanfaat, setidaknya untuk new blogger.

Masuk ke situs http://www.polldaddy.com/ kemudian lakukan registrasi (sign up) dan pilih saja yang free. (lihat gambar di bawah ini).

Setelah klik Sign Up, Anda akan dihadapkan pengisian formulir dengan First Name, Last Name, Email Address, Password. Sebelum mengklik Sign Up, centangi pada Please indicate that you agree to our terms and conditions.

Kemudian Anda akan memasuki halaman di mana Anda dapat memulai membuat widget polling dengan mengklik “click here” pada Opsi Poll Question, seperti gambar di bawah ini.

Kemudian lakukan pengisian seperlunya, seperti pertanyaan yang ingin diumpankan kepada pengunjung, opsi jawaban, bahasa, pilihan tampilan (style) yang paling cocok dengan Anda, hasil yang diinginkan (disembunyikan, hanya prosentase, atau jumlah voter). Setelah semua selesai kemudian klik Save and Continue yang berada di bagian samping kanan bawah.

Kemudian Anda akan dibawa ke halaman yang berisi code html yang nantinya harus kita copy pastekan ke side bar blog atau web kita, seperti di bawah ini.

Langkah selanjutnya lakukan select all code html tersebut kemudian copy kemudian paste-kan di sidebar blog kita.

Untuk melakukan copy paste tersebut, Anda login ke blogger.com dengan username dan password Anda. Setelah masuk di halaman Panel kontrol (Control Panel) kemudian pilih blog Anda (jika blog Anda lebih dari satu) kemudian pilih layout kemudian klik Tambah Elemen Halaman (Add Page Element) kemudian pilih HTML / Javascript.

Lakukan copy dan paste code html (Polling widget) ke sidebar seperti di atas. Setelah itu simpan perubahan. Dan sekarang polling widget sudah ada di blog / situs Anda. Di bawah ini, contoh hasilnya ini.

Bagaimana pendapat Anda tentang blog ini?
( polls)
Selamat Mencoba