Adalah suatu kebanggaan tersendiri apabila blog milik kita banyak yang ngelink. Satu hal pasti adalah dengan semakin banyaknya yang ngelink terhadap blog maka akan semakin meningkatkan peringkat (page rank) blog kita. Bagaimana cara mengetahui berapa dan siapa saja yang telah ngelink ke blog kita dapat disimak pada postingan TIPS DAN TRIK BLOG ini. Salah satu cara untuk mengetahui siapa yang telah ngelink blog kita menurut A. Fatih Suhud adalah dengan menggunakan Technorati.com.

Caranya, buka browser (IE atau Mozilla Firefox) Anda kemudian ketikkan alamat dengan format seperti ini http://technorati.com/search/URL_Anda.

URL_Anda dapat diganti dengan URL milik Anda atau situs atau blog yang lainnya. Misalnya, saya ingin mengetahui siapa dan berapa yang telah ngelink ke blog TIP DAN TRIK KOMPUTER saya, kemudian saya ketikkan http://technorati.com/search/onoid.blogspot.com di browser saya. Hasilnya seperti di bawah ini, yaitu ada 80 blog reactions.

Dengan mengetahui siapa yang ngelink terhadap blog milik kita setidaknya hal ini akan dapat dijadikan dasar untuk melakukan tindakan selanjutnya seperti melink balik blog/website yang telah melink blog kita agar kita tidak dikatakan sombong. Seolah sudah menjadi aturan tidak tertulis, jika tahu blog kita dilink oleh blog/website lain maka kita juga punya kewajiban untuk melink blog/website tersebut. Selain itu dapat menambah persahabatan di antara pemilik blog.

Yang bertalian dengan postingan ini Siapa yg ngelink dr Afatih Suhud.